Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • K Radio Jember 102,9 FM
blog-img-10

Posted by : Editor K Radio

WAPRES MA'RUF AMIN: GENERASI PENERUS STUNTING, MASA DEPAN BANGSA JUGA STUNTING

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Jember, Rabu (6/1/23). Kedatangan Wapres dalam rangka menghadiri penyerahan bantuan program stunting di Jember.

Dalam sambutannya, Wapres yang juga Ketua Pengarah Tim Percepatan Penurunan Stunting Pusat menyampaikan, stunting tidak hanya berdampak pada kondisi fisik anak, tetapi juga pada kesehatan, hingga kemampuan berpikirnya.

Anak stunting nantinya akan tumbuh menjadi manusia dewasa yang produktivitasnya rendah, yang pada akhirnya akan menghambat pertumbuhan ekonomi, dan semakin menimbulkan persoalan ketimpangan dan kemiskinan.

Dengan kata lain, generasi penerus yang stunting akan membawa masa depan bangsa yang stunting pula.

Berbagai upaya Pemerintah telah berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 30,8 persen tahun 2018, menjadi 21,6 persen di tahun 2022. Namun, waktu untuk mencapai target 14 persen stunting di 2024 semakin terbatas.

Untuk itu Wapres meminta para pimpinan daerah, tetap fokus mengawal pelaksanaan program percepatan penurunan stunting, bahkan hingga target zero stunting di tahun 2030 bisa dicapai, sebagaimana target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Untuk itu, seluruh pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah harus memastikan adanya sinergi antarprogram dari tingkat nasional hingga desa.(thn)

Live Stream