AKIBAT KEMARAU, HARGA BEBERAPA KOMODITAS PERTANIAN BERANGSUR NAIK

AKIBAT KEMARAU, HARGA BEBERAPA KOMODITAS PERTANIAN BERANGSUR NAIK

AKIBAT KEMARAU, HARGA BEBERAPA KOMODITAS PERTANIAN BERANGSUR NAIK

Sejumlah harga komoditas pertanian terpantau mengalami kenaikan cukup signifikan. Antara lain kentang, wortel, bawang prei, jahe dan cabai merah besar.

Pedagang Sayur di Pasar Tanjung Jember, Luluk Maisaroh, Senin (28/8/23) menyebut, kenaikan harga bervariatif. Untuk komoditas kentang, awalnya hanya Rp12.000 per kilogram kini naik menjadi Rp18.000 hingga Rp20.000 per kilogram.

Kemudian wortel kualitas super naik menjadi Rp14.000 per kilogram dari harga normalnya Rp8.000 per kilogram.

Komoditas lain, bawang prei naik dua kali lipat menjadi Rp16.000 per kilogramnya. Dan cabai merah besar sekarang naik menjadi Rp45.000 per kilogramnya, harga biasanya berkisar antara Rp28.000 hingga Rp30.000 per kilogramnya.

Luluk menyebut kenaikan harga ini diduga karena pengaruh cuaca kemarau. Sehingga produksi tidak terlalu bagus dan barangnya berkurang. Untuk beberapa komoditas seperti kentang, bawang prei, dan wortel didatangkan dari daerah pegunungan Tengger Probolinggo.

Dengan naiknya harga sejumah komoditas sayuran ini, pembeli terpaksa harus menambah pengeluaran.

Menurut Dina, ia menyiasati dengan membeli sayuran lain yang harganya tidak mengalami kenaikkan agar tetap bisa berhemat. Ia berharap ada jaminan harga stabil dari pemerintah.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B