AKUN FB ANGGOTA DPRD JEMBER DIRETAS, TIPU MASYARAKAT SAMPAI PULUHAN JUTA

AKUN FB ANGGOTA DPRD JEMBER DIRETAS, TIPU MASYARAKAT SAMPAI PULUHAN JUTA

AKUN FB ANGGOTA DPRD JEMBER DIRETAS, TIPU MASYARAKAT SAMPAI PULUHAN JUTA

Kejahatan siber (cyber crime) terhadap Anggota DPRD Jember kembali terjadi. Setelah sebelumnya nama Ketua DPRD Jember, Itqon Syauqi dicatut dalam akun palsu di aplikasi perpesanan, kali ini gantian menyasar Anggotanya, Alfian Andri. Bedanya, Alfian menjadi korban peretasan akun facebook. Ternyata, akun fb Alfian telah dibajak sejak 2019 dan berlanjut sampai sekarang dan berhasil mengelabui 4 korban.

Saat dihubungi via telepon, Sabtu (13/2/2021), politisi Partai Gerindra ini menyampaikan, pada 24 Juni 2019 ia tidak bisa masuk ke akun fbnya. Masih di hari yang sama, ia ditelepon rekannya, Yoyok Hartawan. Yoyok mengaku dihubungi akun fb Alfian dan dimintai uang sebesar Rp 1,5 Juta. Uang tersebutpun sudah ditransfer Yoyok ke rekening peretas akun Alfian.

Khawatir merusak nama baiknya dan menimbulkan lebih banyak korban, Alfianpun langsung melaporkan pembajakan akunnya ke Mapolres Jember pada 25 Juni 2019. Usai membuat laporan, aksi meminta sejumlah uang melalui akun fb yang diretaspun berhenti. Namun pada 2020 - 2021 ini, aksi serupa muncul kembali. Pelaku tetap menggunakan akun fb Alfian yang diretas pada 2019. Namun modus pelaku kali ini berpura-pura menjual mobil lelang dengan harga sangat murah. Bahkan, pelaku juga sengaja membuat akun baru atas nama Alfian juga.

Alfian melanjutkan, dalam kurun waktu 2020 – 2021, akun yang mengatasnamakan dirinya telah memakan 3 korban. Ada yang mentransfer uang Rp 10 juta dan Rp 3,3 Juta. Terbaru, korban yang merupakan tetangganya sendiri tertipu hingga Rp 7,5 juta. Mengentahui hal tersebut, ia berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan modus-modus penipuan mengatasnamakan pejabat di Jember. Jika menemui kasus serupa, sesegara mungkin langsung menghubungi pejabat yang bersangkutan.(don)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B