ANTISIPASI VIRUS LSD, DINAS PERTERNAKAN JEMBER SIAPKAN 600 DOSIS VAKSIN

ANTISIPASI VIRUS LSD, DINAS PERTERNAKAN JEMBER SIAPKAN 600 DOSIS VAKSIN

ANTISIPASI VIRUS LSD, DINAS PERTERNAKAN JEMBER SIAPKAN 600 DOSIS VAKSIN

Pemkab Jember melalui Dinas Peternakan menyiapkan 600 dosis vaksin. Hal ini sebagai antisipasi penyakit benjol pada kulit ternak atau lumpy skin disease (LSD) menjelang Hari Raya Idul Adha 2023.

Elok Kristanti, Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Jember, kepada K Radio Senin (12/6/23) menuturkan, sejauh ini di Kabupten Jember baru terdeteksi dua kasus LSD yang menyerang ternak milik warga.

Ia menjelaskan, kasus LSD tersebut terjadi di Desa Kesilir, Kecamatan Wuluhan. Namun kasus ini telah ditangani oleh Dinas Peternakan. Kedua sapi telah dilakukan pengobatan. Selain diobati juga dilakukan isolasi agar penyakit tidak menyebar.

Dinas Peternakan juga telah melakukan pemberian dan penyemprotan disinfektan yang mengandung unsur anti serangga. Karena penyebaran penyakit LSD ini salah satunya disebabkan oleh faktor lalat.

Elok menambahkan, untuk beberapa daerah lain juga telah dilakukan upaya vaksinasi sebagai langkah pencegahan. Ia mengatakan, LSD ini menyerang ternak mulai dari yang masih anakan hingga ternak dewasa, terutama sapi dan kerbau.

Oleh karena itu, ia berharap agar para peternak khususnya peternak sapi dan kerbau agar selalu menjaga kebersihan kandang dan segera melaporkan bila mendapati tanda-tanda yang mengarah pada penyakit LSD.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B