ANTUSIAS PENDONOR MENINGKAT, STOK DARAH DI JEMBER AMAN

ANTUSIAS PENDONOR MENINGKAT, STOK DARAH DI JEMBER AMAN

ANTUSIAS PENDONOR MENINGKAT, STOK DARAH DI JEMBER AMAN

Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Jember, memastikan persediaan darah untuk masyarakat Jember aman terpenuhi. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Donor, Attin Mahatma pada Rabu (14/6/23) yang bertepatan dengan Hari Donor Darah Internasional 2023.

Menurut Attin, dalam pelaksanaan donor darah saat ini pihaknya tidak hanya menunggu hari tertentu saja, namun selalu menjadi agenda rutin tiap hari agar kebutuhan darah terpenuhi. Menurutnya, setiap bulan Kabupaten Jember membutuhkan sekitar 3.000 hingga 3.500 kantong atau setara dengan 150 kantong darah perhari. Meski demikian, ia mngungkap bahwa saat ini antusias masyarakat untuk donor cukup tinggi.

Setiap tahun grafik pendonor selalu mengalami peningkatan dan selalu ada pendonor baru. Sehingga hal ini membuat stok darah aman. Apalagi jika sebelumnya masyarakat harus menunggu selama 3 bulan baru bisa donor. Namun saat ini ada kebijakan international dari WHO yang mengatakan bahwa donor sudah bisa dilaksanakan 2 bulan sekali.

Attin menambahkan, banyak manfaat yang didapat ketika melakukan donor darah seperti pemeriksaan kesehatan gratis. Selain itu ada beberapa penghargaan yang diberikan kepada pendonor rutin. Diantaranya pemberian sertifikat penghargaan bagi pendonor yang sudah mencapai 10 hingga 50 kali donor darah.

Bagi pendonor yang mencapai 75 kali mendapatkan undangan bertemu dengan gubernur dan pendonor yang rutin mendonorkan darahnya sebanyak 100 kali maka mendapatkan undangan bertemu dengan Presiden RI. (ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B