BUPATI JEMBER HENDY SISWANTO USULKAN ISTILAH STUNTING DIGANTI MENJADI PTK

BUPATI JEMBER HENDY SISWANTO USULKAN ISTILAH STUNTING DIGANTI MENJADI PTK

BUPATI JEMBER HENDY SISWANTO USULKAN ISTILAH STUNTING DIGANTI MENJADI PTK

Demi kelancaran penanganan permasalahan stunting di Jember, Bupati Hendy Siswanto akan menyampaikan usul kepada menteri koordinator PMK untuk mengganti istilah stunting menjadi Problem Tumbuh Kembang (PTK).

Hal tersebut disampaikan Bupati seusai acara audit kasus stunting dan rencana tindak lanjut tahun 2023 di salah satu hotel di Jember, Kamis (21/9/23).

Menurut Bupati, istilah stunting telah menjadi stigma negatif bagi masyarakat Jember. Kemudian juga kesan mantan penyandang stunting akan terus melekat. Menurutnya hal itu telah menjadi budaya masyarakat Jember yang kurang bagus.

Akhirnya pada saat Pemkab hendak melakukan treatment, pihak keluarga tidak mau mengakui bahkan menyembunyikan sehingga sulit ditangani.

Selain itu, Bupati juga meminta kepada seluruh anggota Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) agar berinovasi dalam penanganan di tingkat bawah.

Sebab, problem yang dihadapi satu anak berbeda dengan anak lainnya. Maka perlu ada pola treatment yang berbeda dan dilakukan secara kontinyu.

Bupati menambahkan, persoalan stunting tidak selalu berasal dari keluarga tidak mampu. Bahkan dari keluarga mampu dengan persoalan tertentu juga bisa melahirkan anak yang stunting. (thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B