BUPATI JEMBER SEBUT PUPUK ORGANIK MEMBUAT TANAMAN LEBIH TAHAN TERHADAP CUACA KERING

BUPATI JEMBER SEBUT PUPUK ORGANIK MEMBUAT TANAMAN LEBIH TAHAN TERHADAP CUACA KERING

BUPATI JEMBER SEBUT PUPUK ORGANIK MEMBUAT TANAMAN LEBIH TAHAN TERHADAP CUACA KERING

Bupati Jember Hendy Siswanto menerima paket hasil bumi dari petani. Sejumlah sayur, buah, serta palawija dibawa oleh petani dari Desa Dukuh Dempok, Kecamatan Wuluhan, Jember. Hasil bumi itu diserahkan kepada Bupati Hendy di Pendopo, Selasa pagi (15/8/23).

Ketua Kelompok Tani Tani Makmur, Sucipto menyatakan, semua hasil bumi yang dihadiahkan sebagai kado untuk menyambut peringatan kemerdekaan RI ke-78 itu, ditanam menggunakan pupuk organik. Alhasil semuanya bisa disebut makanan sehat.

Serta ditanam menerapkan manajemen tanaman sehat (MTS). Dan dapat dipastikan bebas dari penggunaan pupuk maupun pestisida kimia. Sehingga dapat dipastikan bebas dari residu kimia.

Sucipto juga membuktikan bahwa petani di Jember dapat membuat pupuk serta pestisida organik. Dengan hasil yang lebih sehat dan tidak mempengaruhi tingkat produktivitas.

Ia menyampaikan, bahwa di wilayah Jember banyak spot-spot pertanian yang dapat diaplikasikan menggunakan pupuk organik. Karenanya, ia berharap ada sinergitas dengan Pemkab Jember dalam mendorong penggunaan pupuk dan pestisida organik.

Sementara itu Bupati Jember Hendy Siswanto, mengaku bahagia atas inisiasi gapoktan yang telah memberikan contoh hasil dari penggunaan pupuk organik.

Hal ini sesuai dengan jargon Wes Wayahe Jember Mandiri Pangan serta Mandiri Pupuk.

Hendy menyebut, penggunaan pupuk organik juga membuat tanaman lebih tahan terhadap kekurangan air. Bila biasanya tanaman dalam lima hari harus disiram, dengan pupuk organik bisa sepuluh hari baru membutuhkan penyiraman.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B