BUPATI JEMBER SEGERA KELUARKAN SURAT EDARAN UNTUK MENCEGAH BUNUH DIRI

BUPATI JEMBER SEGERA KELUARKAN SURAT EDARAN UNTUK MENCEGAH BUNUH DIRI

BUPATI JEMBER SEGERA KELUARKAN SURAT EDARAN UNTUK MENCEGAH BUNUH DIRI

Senin pekan depan Bupati Jember akan segera menerbitkan Surat Edaran (SE) untuk mencegah terjadinya peristiwa bunuh diri di Kabupaten Jember.

Bupati Jember Hendy Siswanto, Senin (19/6/23) menyatakan, peristiwa bunuh diri yang beberapa waktu terakhir terjadi secara beruntun di Kabupaten Jember tidak serta merta terjadi begitu saja. Bupati meyakini pasti ada sesuatu yang melatar belakangi peristiwa tersebut. Dan hal itu dapat dideteksi dengan menghidupkan kembali forum-forum komunikasi di tingkat RT/RW.

Oleh karena itu, Bupati mengajak seluruh jajaran mulai dari tingkat bawah, kader posyandu, perangakt RT/RW untuk menghidupkan kembali forum silaturahmi. Kegiatan tersebut dapat dilakukan minimal sekali dalam sebulan.

Harapannya, dalam forum tersebut akan membahas soal lingkungan, masalah sosial, masalah kemiskinan, AKI, AKB, dan stunting, serta persoalan-persoalan lainnya yang berkembang di tengah masyarakat.

Pemkab akan mengeluarkan SE untuk mengadakan perkumpulan-perkumpulan di RT/RW sebagai wadah berdiskusi dengan warga. Nantinya kegiatan ini akan diinisiasi oleh kades yang berkoordinasi dengan Camat.

Tentunya, itu akan berhasil bila dibantu peran aktif masyarakat sekitar. Bupati menyontohkan, seperti kasus bunuh diri terakhir yang terjadi pada Sabtu (17/6/23) lalu. Riwayat depresi yang diderita korban tidak mungkin terjadi dalam waktu singkat. Sehingga bila bisa terdeteksi, perangkat desa atau warga bisa segera mepalor.

Bupati menambahkan, dalam kasus ini pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan keluarga. Tentu dengan melibatkan semua pihak.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B