BUPATI OPTIMIS, TAHUN INI JEMBER BISA BANGUN PABRIK PUPUK ORGANIK

BUPATI OPTIMIS, TAHUN INI JEMBER BISA BANGUN PABRIK PUPUK ORGANIK

BUPATI OPTIMIS, TAHUN INI JEMBER BISA BANGUN PABRIK PUPUK ORGANIK

ahun 2023 ini Pemkab Jember akan membangun pabrik pupuk organik. Tujuannya untuk menuntaskan masalah kekurangan dan mahalnya pupuk yang sering dikeluhkan petani.

Bupati Jember Hendy Siswanto, Rabu (14/6/23), mengatakan, dengan potensi yang ada, Pemkab akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan kemandirian pupuk bagi Kabupaten Jember.

Bupati menyebut, Jember memiliki bahan baku, yakni potensi populasi ternak sapi sekitar 270 ribuan yang dapat dikelola sebagai bahan baku pupuk organik.

Meskipun Jember belum memiliki pengalaman, Bupati meyakini banyak orang-orang di Jember yang bisa membuat pupuk organik. Dan Pemkab akan mengumpulkan orang-orang tersebut untuk bekerja bersama.

Secara bertahap, para petani akan diajak beralih menggunakan pupuk organik. Serta akan dilakukan pemetaan lokasi-lokasi yang dapat diaplikasikan pupuk organik.

Bupati menyebut, 26 persen penyumbang PDRB Jember berasal dari sektor pertanian. Sehingga ketika tidak punya pupuk sendiri, maka kedepannya akan semakin sulit bila harus bergantung dari luar Jember.

Kalau untuk berhasil dalam waktu yang cepat akan sulit. Namun Bupati meyakini secara bertahap cita-cita kemandirian pupuk akan tercapai. Dan Pemkab harus berani mengambil langkah. (thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B