CARA AMPUH ATASI KERACUNAN SEAFOOD

CARA AMPUH ATASI KERACUNAN SEAFOOD

CARA AMPUH ATASI KERACUNAN SEAFOOD

Makanan laut atau yang biasa dikenal sebagai seafood merupakan makanan yang digemari oleh berbagai kalangan. Namun, tidak dapat dipungkiri tidak semua orang bisa mengkonsumsi seafood karena berpotensi menjadi racun bagi tubuh.

Nurul Hakiki, Analisis Mutu Produk Perikanan (Auditor Food Safety) kepada K Radio (29/8/23) mengatakan, ada beberapa jenis hewan laut yang berpotensi menjadi racun saat dikonsumsi. Antara lain ikan yang masuk dalam golongan tuna, tongkol, cakalang atau ikan dari perairan karang. Dengan kata lain ikan tersebut mengkonsumsi alga yang ada di karang tersebut. Ketika ikan tersebut dikonsumsi oleh manusia maka akan menyebabkan keracunan. Selain itu, kerang juga dapat berpotensi menjadi racun ketika kerang tersebut mengkonsumsi alga beracun. Untuk menghindari hal tersebut, seafood harus diolah dengan baik dan benar.

Ia menambahkan, seseorang yang mengalami alergi dan keracunan terhadap seafood memiliki gejala yang berbeda. Gejala pada seseorang yang mengalami keracunan yang paling umum adalah mual, muntah, pusing atau bahkan muncul beberapa ruam di daerah dada dan wajah dalam hitungan jam hingga hari. Sedangkan untuk seseorang yang mengalami alergi cenderung dipengaruhi oleh imun tiap individu.

Untuk tindakan yang bisa diberikan, pertolongan pertama bagi seseorang yang mengalami keracunan seafood bisa dengan meminum air kelapa atau susu. Namun ketika tingkat keracunan seseorang tersebut sudah dikatakan parah, maka dianjurkan untuk pergi ke dokter. (raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B