CARA PEMKAB JEMBER MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP UMKM

CARA PEMKAB JEMBER MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP UMKM

CARA PEMKAB JEMBER MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP UMKM

Minat masyarakat Jember terhadap UMKM lokal makin meningkat. Hal tersebut bisa dilihat dari event-event yang dilaksanakan Pemkab Jember maupun kegiatan-kegiatan UMKM, minat masyarakat cukup tinggi.

Sartini Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember pada K Radio Sabtu (20/5/23) mengatakan, pada kegiatan event UMKM tahun 2022 pendapatan UMKM Jember cukup besar. Seperti dalam kegiatan parade budaya tepatnya pada peringatan hari pendidikan nasional, hasil yang didapat UMKM cukup luar biasa baik kuliner, craft ataupun seni. Hal tersebut menandakan produk UMKM lokal sudah diterima dan diminati oleh masyarakat Jember.

Sartini menjelaskan, meningkatkan produk lokal asli atau local wisdom, Pemkab diharuskan sebesar 40 persen harus memanfaatkan hasil produk dari UMKM. Ini sesuai Inpres Nomor 2 tahun 2022 tentang percepatan penggunaan pruduk dalam negeri (P3DN) untuk UMKM.

Ia menambahkan, pemerintah ikut berpartisipasi dalam memanfaatkan hasil produk UMKM dan ia juga yakin masyarakat akan ikut merasa memiliki tanggung jawab untuk memakai produk dari UMKM.

Sartini berharap dengan adanya upaya-upaya tersebut minat masyarakat terhadap UMKM lokal semakin meningkat. (raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B