CERITA LINKRAFIN HARUMKAN NAMA JEMBER DI KANCAH NASIONAL, KALAHKAN 419 KOMUNITAS MUSIK SE-INDONESIA

CERITA LINKRAFIN HARUMKAN NAMA JEMBER DI KANCAH NASIONAL, KALAHKAN 419 KOMUNITAS MUSIK SE-INDONESIA

CERITA LINKRAFIN HARUMKAN NAMA JEMBER DI KANCAH NASIONAL, KALAHKAN 419 KOMUNITAS MUSIK SE-INDONESIA

Putra putri daerah Jember terus menunjukkan bakat seninya di kancah musik nasional. Terbaru, kelompok musik asal Jember Lingkar Kreatif Independen (Linkrafin) berhasil menyabet juara 1 sekaligus juara favorit dalam Lomba Karya Musik Anak Komunitas, Senin (24/5/2021) malam. Lomba tersebut diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Linkrafin berhasil memukau dewan Juri dengan membawakan lagu ciptaan mereka bertajuk Jember Nusantara.

Saat dihubungi K Radio Selasa (25/5/2021) pagi, Project Director Jember Nusantara by Linkrafin, Bobby Rahadyan mengaku bahwa pihaknya tidak pernah menyangka bisa sejauh ini. Mengingat, kelompok musiknya terbilang baru. Cikal bakal Linkrafin baru tercetus  pada 2019 lalu. Bermula dari para konten kreator di Jember berkolaborasi membuat suatu karya bersama. Sejak sejak itu, mereka aktif membuat cover musik dan video clip di platform Youtube.

Namun, nama Linkrafin sendiri mulai dipakai pada awal 2021. Menurut Bobby, Linkrafin bukan sekedar akronim saja, tapi ada makna dibaliknya. Lingkaran diartikan agar karya-karya tidak pernah putus, Kreatifitas menggambarkan daya kreatifitas itu sendiri, dan Independen dimaknai agar komunitas musiknya senantiasa merdeka dan bebas mengeluarkan gagasan-gagasan seni.

Setelah resmi terbentuk, Linkrafin memberanikan diri untuk mengikuti kompetisi yang diadakan Kemenparekraf RI. Proses pendaftarannya sudah dilakukan sejak Maret lalu. Saat tahapan penjaringan, Linkrafin harus bersaing dengan 419 komunitas musik seluruh Indonesia untuk diambil 260 besar, kemudian 50 besar, 15 besar dan 5 besar. Hingga pada akhirnya, Linkrafin dinyatakan lolos 5 besar dan berhasil membawa pulang juara 1 sekaligus juara favorit dalam ajang tersebut.

Linkrafin beranggotakan 21 orang yang terdiri dari vokalis, pencipta lagu, dan tim lainnya. Bobby menyebut, kemenangan Linkrafin merupakan kemenangan tim dan kolabarasi bersama pihak-pihak lain yang mendukung. Seperti Jember Fashion Carnival (JFC) memberikan support kostum yang dikenakan dalam penampilan personel Linkrafin saat malam puncak.

Selain menciptakan lagu Jember Nusantara yang berhasil mengantarkan Linkrafin menjadi juara di Lomba Karya Musik Anak Komunitas, ada juga 2 karya musik lainnya yang berhasil dilahirkan. Yakni lagu yang menceritakan Perang Sadeng dan lagu tentang jalur rempah nusantara.(don)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B