DAFTAR PEMILIH SEMENTARA UNTUK PEMILU 2024 KABUPATEN JEMBER SEBANYAK 1,9 JUTA PEMILIH

DAFTAR PEMILIH SEMENTARA UNTUK PEMILU 2024 KABUPATEN JEMBER SEBANYAK 1,9 JUTA PEMILIH

DAFTAR PEMILIH SEMENTARA UNTUK PEMILU 2024 KABUPATEN JEMBER SEBANYAK 1,9 JUTA PEMILIH

KPU Jember menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Umum tahun 2024, Rabu sore (5/4/23) di Aula ITS Mandala, Jember.

Komisioner KPU Jember Divisi Data dan Informasi Ahmad Hanafi mengatakan, dari hasil rekapitulasi berjenjang diperoleh sejumlah 1.985.725 Daftar Pemilih Sementara dalam pemilu mendatang.

Jumlah pemilih perempuan dalam Pemilu kali ini lebih banyak, yakni 1.004.014 pemilih. Sedangkan pemilih laki-laki berjumlah 981.709 orang. Data tersebut merupakan data bergerak dan masih akan berubah hingga hari pelaksanaan pencoblosan.

Hanafi menjelaskan, masih banyak pemilih potensial, utamanya pemilih pemula, pada saat dilakukan coklit usianya belum genap 17 tahun, namun akan segera berusia 17 sebelum pelaksanaan Pemilu. Dan juga adanya kemungkinan pemilih yang telah terdata kemudian meninggal dunia, sehingga harus dicoret dari DPS.

Jumlah pemilih hampir 2 juta pemilih tersebut mengalami kenaikan dari DPT saat Pilkada 2020 yang hanya sekitar 1,8 juta pemilih. Penambahan pemilih aktif pada Pemilu kali ini terbilang cukup besar, hampir sekitar 200 ribu orang.

Untuk wilayah Jember, pada Pemilu mendatang jumlah TPS yang ditetapkan KPU sebanyak 7.706 yang tersebar di 31 kecamatan yang ada.

Data DPS tersebut akan diumumkan kepada publik untuk menerima masukan bila terdapat warga yang belum terdata agar dapat ditambahkan dengan memenuhi persyaratan sebagai pemilih.

Dalam rapat pleno terbuka penetapan DPS pemilu 2024 ini dihadiri perwakilan dari Bawaslu, PPK, perwakilan Partai, perwakilan Polres dan Kodim.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B