DAGING QURBAN BISA TAHAN LAMA, BEGINI CARA PENYIMPANAN YANG BENAR

DAGING QURBAN BISA TAHAN LAMA, BEGINI CARA PENYIMPANAN YANG BENAR

DAGING QURBAN BISA TAHAN LAMA, BEGINI CARA PENYIMPANAN YANG BENAR

Setelah momen Idul Adha adakalanya masih ada daging yang belum sempat diolah menjadi hidangan. Sehingga hanya disimpan di dalam lemari pendingin. Tetapi benarkan cara tersebut bisa membuat daging tahan lama?

Ayu Febriatna, Dosen Prodi Gizi Klinik Jurusan Kesehatan Politeknik Negeri Jember, Selasa (4/7/23) mengatakan, untuk menyimpan daging agar tetap awet adalah dengan menyimpan pada suhu rendah, seperti di freezer dengan wadah tertutup. Sebelum dimasukkan kedalam Freezer daging tidak disarankan untuk dicuci. Karena mencuci daging justru akan menimbulkan kontaminasi yang berasal dari alat pencucian yang dikhawatirkan justru akan merusak daging.

Menurut Ayu, daging dapat bertahan selama berbulan-bulan jika disimpan dengan cara yang benar. Ia menambahkan, jika akan mengolah daging tersebut disarankan untuk mengambil daging seperlunya saja untuk menghindari kebusukan karena jika daging tersebut dikeluarkan seluruhnya dari freezer, maka daging yang sebelumnya beku akan mencair sehingga daging tersebut akan cepat membusuk.

Adapun ciri-ciri daging yang segar adalah, daging tersebut mengeluarkan bau khas daging dan tidak anyir, daging tidak keras dan berwarna merah.

Ayu juga memberikan tips bagi masyarakat yang tidak memiliki pendingin atau freezer untuk menyimpan daging yaitu dengan disimpan pada wadah yang tertutup tanpa harus dicuci terlebih dahulu. Namun penyimpanan dengan cara tersebut tidak bisa bertahan lama. Sehingga disarankan agar daging tersebut dapat diolah sesegera mungkin. (raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B