DIANGGAP MERESAHKAN, WARGA PATRANG AMANKAN LUTUNG BUDENG YANG BERKELIARAN DI PEMUKIMAN

DIANGGAP MERESAHKAN, WARGA PATRANG AMANKAN LUTUNG BUDENG YANG BERKELIARAN DI PEMUKIMAN

DIANGGAP MERESAHKAN, WARGA PATRANG AMANKAN LUTUNG BUDENG YANG BERKELIARAN DI PEMUKIMAN

Warga Lingkungan Cupu, Kelurahan Baratan, Kecamatan Patrang, Kamis (27/5/2021) menangkap satwa dilindungi yakni lutung budeng. Seorang warga setempat, Syukron Makmun saat dihubungi via telepon menjelaskan, sejak 2 tahun terakhir, hewan tersebut berkeliaran di pemukimannya. lutung itupun sering memakan buah-buahan milik warga yang masih berada di pohon. Warga tidak tahu pasti dari mana kemunculan lutung itu.

Makmun melanjutkan, awalnya lutung tersebut masih kecil dan dianggap tidak menganggu. Namun, seiring berjalannya waktu, hewan yang memiliki nama ilmiah Trachypithecus Auratus itu mulai merusak genteng-genteng di rumah warga. Bahkan ada sekitar 20 rumah warga yang rusak akibat ulah lutung itu.

Karena dirasa mulai meresahkan, wargapun berinisiatif untuk menangkapnya. Menurut Makmun, warga membuat jebakan dengan makanan yang diletakkan di dalam kurungan. Lutung itupun masuk dalam perangkap dan berhasil diamankan.

Makmun mengungkapkan, saat ini lutung tersebut masih dirawat oleh warga, sambil menunggu evakuasi dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember.

Diketahui, lutung budeng merupakan salah satu jenis primata endemik yang dimiliki Indonesia dan hanya terdapat di Pulau Jawa. Berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan Nomor: 733/Kpts-11/1999, lutung budeng atau lutung jawa (Trachypithecus Auratus) termasuk dalam kategori satwa dilindungi.(don)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B