DISHUB TAMBAHKAN RUTE BARU DI LAYANAN BUS SEKOLAH GRATIS

DISHUB TAMBAHKAN RUTE BARU DI LAYANAN BUS SEKOLAH GRATIS

DISHUB TAMBAHKAN RUTE BARU DI LAYANAN BUS SEKOLAH GRATIS

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jember membuka trayek baru untuk program Bus Sekolah Gratis. Jika sebelumnya, Bus sekolah gratis hanya melayani satu trayek yakni dari terminal Tawang Alun menuju ke SMPN 9 Jember. Kini, mulai senin (17/7/2023) trayek baru ditambahkan, yakni dari Terminal Pakusari menuju SMPN 1 Pakusari.

Dian Eka, Kabid Angkutan Umum Dishub Jember, Jumat (14/7/23) mengatakan, pemilihan trayek baru tersebut didasari banyaknya permintaan dari masyarakat. Serta tidak adanya fasilitas angkutan umum menuju ke sekolah tersebut sehingga menyulitkan para siswa.

Selain itu, masih banyak siswa yang menggunakan sepeda motor sendiri meski belum cukup usia. Sehingga pemilihan trayek baru, harapannya juga dapat mengurangi angka vatalitas kecelakaan yang melibatkan siswa dibawah umur.

Dian menjelaskan, layanan bus sekolah gratis sudah dilaksanakan sejak Februari lalu. Namun sempat berhenti lantaran libur sekolah. Mulai tanggal 17 Juli mendatang, layanan akan kembali dibuka dengan 2 trayek setiap hari Senin – Sabtu. Jam keberangkatan sama yakni pukul 06.00 WIB sedangkan jam pulang bervariasi. Seperti hari Senin – Kamis pukul 13.30 WIB, hari Jumat pukul 10.30 WIB, dan hari sabtu pukul 12.30 WIB.

Ia berharap, para siswa dapat mengetahui informasi dan memanfaatkan layanan bus sekolah gratis ini dengan baik.

Dian menjelaskan, pihaknya juga berencana akan memperluas dan menambah trayek bus sekolah gratis. Namun pihaknya masih akan menyiapkan sarana prasarana dan armada. Karena menurutnya, permintaan dari sekolah cukup banyak, utamanya yang tidak dilewati angkutan umum.

Selain itu, dalam pemilihan trayek baru nantinya juga masih melihat apakah jalur bus sekolah gratis diminati angkutan kota konvensional atau tidak. Karena jika masih dilewati oleh angkutan lain, maka pihaknya akan memotivasi untuk menggunakan angkutan yang sudah ada, agar tidak mengambil demand dari angkutan kota. (Ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B