DP3AKB MENCANANGKAN EDUKASI PENYIAPAN KEHIDUPAN BERKELUARGA BAGI REMAJA

DP3AKB MENCANANGKAN EDUKASI PENYIAPAN KEHIDUPAN BERKELUARGA BAGI REMAJA

DP3AKB MENCANANGKAN EDUKASI PENYIAPAN KEHIDUPAN BERKELUARGA BAGI REMAJA

Dalam upaya menekan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Stunting, DP3AKB mencanangkan edukasi penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Program tersebut dimulai pada tahun 2023.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Jember, Suprihandoko, Kamis (23/2/23) mengatakan, kunci permasalahan tersebut berawal dari keluarga.

Ia menjelaskan, dalam program tersebut pasangan remaja yang akan menikah harus memiliki pengetahuan yang lengkap dan memiliki bekal keterampilan untuk memenuhi kebutuhan perekonomian.

Selain itu juga diberikan pemahaman pendewasaan usia perkawinan, bagaimana mengaturan kehamilan, pemahaman mengatur tumbuh kembang anak, dan sebagainya.

Ia berharap pemahaman-pemahaman tersebut dapat ditanamkan melalui edukasi. Peserta akan diberikan sertifikat dengan kode khusus untuk memudahkan pemantauan.

Melalui upaya tersebut, DP3AKB yakin dalam satu atau dua tahun kedepan hasilnya dapat dilihat. Langkah tersebut, kata Suprihandoko, diambil sebagai tindakan antisipasi menindaklanjuti temuan data yang menyebut angka stunting di Kabupaten Jember tertinggi se-Jatim.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B