DUKUNG GERAKAN INKLUSIF DI PERINGATI HARI FILM NASIONAL

DUKUNG GERAKAN INKLUSIF DI PERINGATI HARI FILM NASIONAL

DUKUNG GERAKAN INKLUSIF DI PERINGATI HARI FILM NASIONAL

Dalam rangka memperingati Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret 2023, Orens Production turut merayakan dengan mengajak masyarakat Jember nobar 3 karya film pendek dan launching Incluscreen.

Film lokal yang diputar ada beberapa judul antara lain Im Possible, Batu Kertas dan Dua Berlian. Sutradara dan Produser dari masing - masing film ini berbeda - beda, termasuk penyandang disabilitas. Nonton bareng ini dibuka secara umum untuk masyarakat, tanpa dipungut biaya.

Salah satu Sutradara dari Film Dua Berlian, Wiviano Rizky Tantowi, Kamis (30/3/23) malam menjelaskan, setelah nobar selanjutnya dilauching "Incluscreen" yang berarti Inklusif dan Screening. Yakni sebuah ruang putar untuk film - film independen yang mendukung gerakan inklusif dan aksesbilitas bagi perfilman Indonesia.

Tujuan dari Incluscreen, untuk mendorong para film maker membuat subtitle atau audio description agar film yang ditayangkan juga bisa dinikmati oleh para penyandang disabilitas.

Ia berharap, dalam rangka memperingati Hari Film Nasional ini karya - karya film Indonesia kedepan memiliki aksesbilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas dan kelompok lainnya. Film maker harus berpikir bahwa karyanya harus bisa dinikmati oleh semua orang, dan film - film Indonesia bisa berkancah di perfilman Internasional.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B