ECO ENZYME CAIRAN YANG BERMANFAAT BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN

ECO ENZYME CAIRAN YANG BERMANFAAT BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN

ECO ENZYME CAIRAN YANG BERMANFAAT BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN

Eco enzyme adalah cairan hasil fermentasi dari limbah organik, seperti limbah buah dan sayuran. Cairan hasil fermentasi ini memiliki banyak manfaat dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembersih rumah, pupuk, pestisida alami, bahkan untuk kulit. Cara menggunakan eco enzyme adalah dengan dilarutkan ke dalam air sebelum diaplikasikan.

Dina Putu Kristiyanti, Anggota Komunitas Eco Enzyme Nusantara Jember, Jumat (24/2/23) mengatakan, Eco enzyme yang merupakan hasil penelitian Dr. Rosukon Poompanvong asal Thailand ini, memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia dan lingkungan. Antara lain, dapat digunakan untuk membersihkan rumah, menyembuhkan luka, mengurangi bau, mengurai polutan di udara, mengurai polutan di sungai, dan masih banyak lagi.

Wanita yang juga seorang Guru Biologi di SMAK Santo Paulus ini kerap mempraktekkan pembuatan Eco enzyme bersama komunitas Eco enzyme Nusantara Jember. Selain itu, ia juga membagikan cara membuat Eco enzyme kepada siswa siswi ditempatnya mengajar.

Salah satu siswanya Rafael Dean, menyampaikan, pembuatan Eco enzyme merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat khususnya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga menurutnya harus lebih banyak lagi orang yang membuat Eco enzyme agar semakin bermanfaat bagi lingkungan sekitar. (put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B