HCM MENGAJAK UMKM BERPERAN AKTIF DALAM PENGENDALIAN INFLASI DAERAH

HCM MENGAJAK UMKM BERPERAN AKTIF DALAM PENGENDALIAN INFLASI DAERAH

HCM MENGAJAK UMKM BERPERAN AKTIF DALAM PENGENDALIAN INFLASI DAERAH

Anggota Komisi XI DPR RI Haji Charles Meikyansah menyebut UMKM sebagai tulang punggung perekonomian yang keberadaannya saat ini perlu terus didorong agar maju dan berkembang.

Di Hadapan ratusan pelaku UMKM Jember, di hotel Luminor Minggu (15/10/23), legislator partai NasDem yang akrab disapa HCM ini menuturkan, keberadaan UMKM juga menjadi kunci dalam pengendalian inflasi daerah.

Inflasi harus bisa dikendalikan pada batas tertentu agar daya beli masyarakat tidak turun. Bila inflasi terlalu rendah maka mengindikasikan tidak ada pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya bila terlalu tinggi juga berdampak menurunnya daya beli.

UMKM sebagai penggerak perekonomian memiliki andil dalam mengendalikan inflasi. Sebagai pelaku usaha, tentu memiliki keinginan kuat agar usahanya terus tumbuh dan berkembang.

Usaha memperkuat UMKM membuat daya beli masyarakat dapat terjaga dan penyerapan tenaga kerja tetap terjamin.

HCM menyebut UMKM juga merupakan sektor yang mampu berinovasi dengan cepat sehingga teruji tangguh dalam setiap kesulitan.

Sementara Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Jember, Andhi Wahyu Riyadno menyampaikan, inflasi dalam negeri yang menjadi perhatian adalah  terkait dengan kestabilan harga barang dan jasa.

Dengan harga yang masih terjangkau, masyarakat memiliki daya beli, maka akan terjadi transaksi. Dengan demikian perekonomian akan bergerak sehingga lapangan pekerjaan akan tercipta.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan para pelaku usaha maupun rumah tangga untuk bisa turut mengendalikan inflasi daerah. Antara lain bijak dalam berbelanja dan melakukan urban farming atau menanam kebutuhan pangan di pekarangan rumah.

Selain inflasi, BI juga memiliki tugas stabilitas sistem pembayaran. Memberikan jaminan kemudahan dan keamanan yang efektif dan efisien dalam setiap transaksi keuangan.

Era digitalisasi yang berkembang pesat berdampak pada cara pembayaran. Peran BI adalah menjembatani untuk memberi kemudahan serta keamanan berlangsungnya transaksi tersebut.

Diantaranya menggunakan QRIS pembayaran berbasis scan barcode sebagai cara pembayaran yang praktis, aman, dan mudah.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B