HCM TERUS DORONG PERTUMBUHAN UMKM DENGAN PEMBUATAN NIB DAN SERTIFIKASI HALAL

HCM TERUS DORONG PERTUMBUHAN UMKM DENGAN PEMBUATAN NIB DAN SERTIFIKASI HALAL

HCM TERUS DORONG PERTUMBUHAN UMKM DENGAN PEMBUATAN NIB DAN SERTIFIKASI HALAL

Anggota Komisi XI DPR RI Haji Charles Meikyansah mengembangkan role model untuk terus mendorong kebangkitan UMKM Jember pasca pandemi covid-19. Salah satunya dengan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikasi Halal.

Legislator NasDem dapil Jember-Lumajang yang akrab disapa HCM ini, Minggu (15/10/23) menyampaikan, dari sekitar 1.000 UMKM, secara bertahap ada 60 persen lebih yang telah dibantu pembuatan NIB dan Sertifikasi Halal. Untuk sisanya masih dalam proses.

HCM menyebut, pelatihan UMKM ini dibuat semacam role model melalui beberapa kali pertemuan pelatihan dan pendampingan.

Mulai dari tahap perkenalan, pengenalan akses keuangan, pelatihan penyusunan laporan keuangan hingga dibantu pembuatan perizinan yang lebih fokus pada usaha masing-masing.

HCM melakukan semua itu sebagai bentuk tanggung jawab sebagai wakil rakyat, bahwa UMKM saat ini menjadi salah satu pilar utama penggerak perekonomian pasca pandemi.

Mereka perlu mendapatkan pelatihan baik dari sisi pelatihan manajemen serta kemudahan mendapatkan akses keuangan, agar dapat meningkatkan usahanya. Harapannya para UMKM terus bisa naik kelas.

Mengingat, ibarat pepatah UMKM ini sudah jatuh tertimpa tangga saat pandemi lalu. Karena distribusi produknya seringkali terhambat akibat PPKM.

Di saat yang sama, produk UMKM yang sudah tersebar pun kurang terserap pasar akibat daya beli menurun drastis. Tidak sedikit UMKM yang gulung tikar. Dimana yang tadinya dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang, untuk bertahan saja menjadi sulit.

Untuk mendorong pemulihan ekonomi, sudah saatnya UMKM bangkit. HCM terus berupaya melakukan pelatihan dan pendampingan pelaku utama basis perekonomian.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B