JELANG MUSIM PENGHUJAN LAHAN PERHUTANI DI JEMBER TERBAKAR

JELANG MUSIM PENGHUJAN LAHAN PERHUTANI DI JEMBER TERBAKAR

JELANG MUSIM PENGHUJAN LAHAN PERHUTANI DI JEMBER TERBAKAR

Jelang musim penghujan kebakaran terjadi di lahan milik Perhutani Jember di Desa Tembokrejo, Kecamatan Gumukmas, pada Jumat (22/12/23) malam.

Kepala BPBD Jember Widodo Julianto, Sabtu (23/12/23) mengatakan, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Meski ada informasi api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Widodo menyampaikan tidak ada korban dalam insiden tersebut, baik korban manusia ataupun hewan ternak milik warga.

Dirinya menyebut, meski saat ini Jember telah dalam posisi siaga menghadapi musim hidrometeorologi atau penghujan, akan tetapi saat ini terjadi suhu panas yang masih berlanjut.

Hal tersebut sebagai dampak dari el Nino yang berkepanjangan. Menurut BMKG kemungkinan puncak musim hujan masih akan terjadi di bulan Februari 2024.

Widodo mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. Memasuki musim hujan kali ini suhu panas dan kekeringan masih terjadi terutama di daerah Jember selatan.

Warga diimbau jangan membuang puntung rokok sembarangan serta tidak membakar sampah sembarangan. Kemudian memasuki musim tanam, juga agar tidak membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B