JEMBER RESMIKAN PABRIK PUPUK ORGANIK BERKAPASITAS 8 TON PER JAM

JEMBER RESMIKAN PABRIK PUPUK ORGANIK BERKAPASITAS 8 TON PER JAM

JEMBER RESMIKAN PABRIK PUPUK ORGANIK BERKAPASITAS 8 TON PER JAM

Bupati Jember Hendy Siswanto meresmikan pabrik pupuk organik di desa Wirowongso, Kecamatan Ajung pada Rabu (27/12/23) siang. Pabrik yang berada di atas lahan seluas tujuh hektar tersebut dapat memproduksi 8 ton pupuk organik per jamnya.

Bupati menyampaikan, pendirian pabrik pupuk tersebut merupakan bagian persembahan bagi kabupaten Jember di usianya yang ke-95.

Tujuannya, sebagai upaya menciptakan kemandirian pupuk bagi para petani di Jember. Karena selama ini pupuk menjadi permasalahan yang sering dihadapi petani. Terlebih, dengan adanya pembatasan pupuk subsidi oleh pemerintah.

Selain itu juga untuk mengembalikan unsur hara dalam menjaga kesuburan tanah pertanian di Jember.

Sebagai bahan baku pembuatan pupuk, lanjut Bupati, Jember memiliki sekitar 275 ribu ternak sapi yang kotorannya dapat dimanfaatkan. Kemudian juga ada sentra penggilingan padi di Jember yang menghasilkan limbah sekam sebagai bahan bakunya. Sehingga tidak perlu khawatir kekurangan bahan.

Pupuk organik nantinya akan dibagikan gratis kepada petani di Jember. Bupati berharap petani dapat menggunakan pupuk tersebut.

Pabrik pupuk yang dinamai si Jempol, "Jember Pupuk Organik Lengkap" ini diharapkan dapat membantu mewujudkan Jember mandiri pangan.

Kendati demikian, Bupati menambahkan, bukan lantas serta merta aplikasi pupuk tersebut langsung berhasil. Karena masih banyak hal yang perlu dan terus dikembangkan lagi.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B