KUNJUNGI IBU YANG MELAHIRKAN DI PINGGIR JALAN, BUPATI JEMBER BERHARAP KEJADIAN SERUPA TIDAK TERULANG

KUNJUNGI IBU YANG MELAHIRKAN DI PINGGIR JALAN, BUPATI JEMBER BERHARAP KEJADIAN SERUPA TIDAK TERULANG

KUNJUNGI IBU YANG MELAHIRKAN DI PINGGIR JALAN, BUPATI JEMBER BERHARAP KEJADIAN SERUPA TIDAK TERULANG

Bupati Jember Hendy Siswanto, bersilaturahmi ke kediaman warga Sumberbaru yang belum lama ini viral karena melahirkan di tepi jalan usai ditolak bidan. Bupati bersama jajarannya berkunjung ke rumah warga bernama Kholifah itu pada Kamis (21/12/2023) malam di Desa Jambesari, Kecamatan Sumberbaru.
Seperti diketahui, Kholifah melahirkan di pinggir jalan Desa Kaliglagah pada dini hari saat hendak menuju Puskesmas Sumberbaru. Ia diantar suaminya menggunakan sepeda motor setelah bidan terdekat menolak menangani proses persalinannya karena alasan administratif.
Bupati berkunjung ke rumah warga tersebut untuk memastikan langsung terkait kondisi kesehatan Ibu dan bayinya. Bupati berharap, insiden kemarin tidak terulang sehingga semua pihak harus saling mengingatkan tentang resiko angka kematian ibu dan angka kematian bayi atau AKI – AKB.
Hendy juga meminta seluruh pihak, mulai dari camat, kades/lurah, kader Posyandu untuk memonitor tentang ibu hamil yang ada di wilayahnya. Masyarakat yang kehamilannya mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL) juga diminta untuk segera merapat ke Puskesmas. Para pemangku kepentingan seperti Nakes diminta untuk mengutamakan hati nurani.


Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Jember yang membidangi masalah kesehatan, Hafidi meminta semua pihak untuk duduk bersama untuk sama-sama mengevaluasi sistem layanan kesehatan di Jember.
Usai libur Natal, Komisi D DPRD Jember akan segera memanggil Dinas Kesehatan Pemkab Jember untuk membicarakan perbaikan sistem layanan kesehatan di Jember. Beberapa persoalan diantaranya soal pengaktifan Puskesmas Pembantu (Pustu) atau Puskesdes di sejumlah desa terpencil. Termasuk keluhan tentang minimnya bidan di pelosok desa. Juga soal SOP penggunaan mobil ambulan desa. (adp)

 

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B