MARAK BEREDAR UANG PALSU, PEDAGANG AYAM MENJADI KORBAN

MARAK BEREDAR UANG PALSU, PEDAGANG AYAM MENJADI KORBAN

MARAK BEREDAR UANG PALSU, PEDAGANG AYAM MENJADI KORBAN

Seorang pedagang daging ayam di Pasar Tanjung Jember mengaku mendapatkan uang palsu pecahan Rp50.000 beberapa hari yang lalu. Sepanjang tahun 2023 ini Asbari telah dua kali menerima pecahan uang palsu.

Uang palsu tersebut ia dapatkan dari pembeli saat kondisi sedang ramai. Banyaknya pelanggan membuat dirinya kurang waspada untuk mengecek uang yang ia terima.

Usai melayani pembeli, Asbari kembali mengecek uang-uang tersebut. Dan ternyata terselip selembar pecahan 50.000 palsu.

Karena merasa takut telah mendapat uang palsu, ia langsung merobeknya. Pengalaman tersebut kini membuatnya lebih waspada melakukan pengecekan sebelum menerima uang, dengan menggunakan lampu UV.

Sementara, BI Jember juga terus melakukan sosialisasi uang palsu kepada masyarakat. Staf Unit Pengelolaan Uang Rupiah BI Jember, Dedi Prakasa, mengajak masyarakat mengenali ciri-ciri uang rupiah asli melalui tiga D, Dilihat, Diraba, Diterawang.

Dedi menjelaskan, uang asli memiliki warna lebih terang dan jelas serta terdapat tanda seperti hologram yang berubah warna bila dilihat dari dua sisi.

Kemudian bila diraba, terdapat bagian yang terasa kasar pada nominal, gambar pahlawan, dan burung garuda. Serta ada semacam tanda air bergambar pahlawan serta terdapat rectoverso atau logo BI bila diterawang.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B