MASYARAKAT JEMBER BISA URUS ADMINDUK DI HARI LIBUR ATAU MALAM HARI DENGAN ADM

MASYARAKAT JEMBER BISA URUS ADMINDUK DI HARI LIBUR ATAU MALAM HARI DENGAN ADM

MASYARAKAT JEMBER BISA URUS ADMINDUK DI HARI LIBUR ATAU MALAM HARI DENGAN ADM

Masyarakat Jember yang ingin mengurus data administrasi kependudukan (adminduk), kini tidak perlu datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Sebab mulai akhir Mei 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember juga membuka layanan pengurusan adminduk seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran di Transmart, Kecamatan Kaliwates.

Layanan adminduk yang diresmikan oleh Bupati Jember, Hendy Siswanto itu disebut dengan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Teknisnya seperti ATM, masyarakat bisa mengurus sendiri keperluan data kependudukannya melalui mesin khusus yang didatangkan dari Kementerian dalam Negeri (Kemendagri). Namun untuk tahap pertama menurut Hendy, ada petugas untuk mendampingi masyarakat yang belum terbiasa menggunakan teknologi tersebut.

Layanan adminduk di mall seperti itu sebelumnya sudah dilakukan daerah tetangga, yakni kabupaten Banyuwangi. Hendy berharap, ADM bisa memudahkan masyarakat sekaligus mengikis praktek pungli. Layanan ADM ini disediakan secara gratis dengan durasi layanan yang lebih panjang. Layanan ADM tetap buka di hari libur atau malam hari karena mengikuti jam operasional mall.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Jember, Isnaini Dwi Susanti menyatakan, ADM menjadi salah satu terobosan untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Ke depan, Pemkab Jember juga mengupayakan agar pelayanan adminduk bisa di lakukan dari tingkat desa dan kelurahan. Untuk tahap awal, Dispendukcapil akan mengembalikan pelayanan adminduk di kantor kecamatan.(adp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B