MENJAGA KESEHATAN MULUT BAGI SURVIVOR KANKER PAYUDARA PENTING, INI ALASANNYA

MENJAGA KESEHATAN MULUT BAGI SURVIVOR KANKER PAYUDARA PENTING, INI ALASANNYA

MENJAGA KESEHATAN MULUT BAGI SURVIVOR KANKER PAYUDARA PENTING, INI ALASANNYA

Dalam rangka merayakan ulang tahun Lovepink ke-9, Komunitas Lovepink  bekerjasama dengan Rumah Sakit Siloam kembali menggelar bincang sehat. Kegiatan ini untuk memberikan edukasi khususnya kepada para survivor kanker payudara. Acara tersebut diselenggarakan di Rumah Sakit Siloam pada Minggu (25/6/23)

drg. Lina Berlina Talahatu, kepada K Radio Minggu (25/6/23) mengatakan, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan mulut selama menjalani kemoterapi. Karena saat menjalani kemoterapi, para survivor kanker payudara biasanya mengalami masalah terutama pada rongga mulut.

Menurutnya, keluhan-keluhan yang terjadi pada rongga mulut para survivor disebabkan karena kandungan obat-obatan saat kemoterapi. Obat yang diberikan akan mempengaruhi kelenjar air liur sehingga air liur akan berkurang. Akibatnya akan muncul berbagai keluhan seperti gigi berlubang, sariawan, infeksi jamur, juga kurang nutrisi, karena saat kemoterapi para survivor sering kehilangan nafsu makan.

Ia menambahkan, Setelah 7 hari kemoterapi sering muncul keluhan seperti mulut kering atau sariawan. Sehingga para survivor dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter gigi setiap kemoterapi.

Dokter gigi spesialis penyakit mulut ini memberikan saran. Menurutnya, kuncinya para survivor harus rutin memeriksakan kesehatan mulut, banyak minum dan selalu menjaga kebersihan mulut.(raf)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B