MUSIM KEMARAU, JEMBER TARGETKAN PRODUKSI PADI 1 JUTA TON

MUSIM KEMARAU, JEMBER TARGETKAN PRODUKSI PADI 1 JUTA TON

MUSIM KEMARAU, JEMBER TARGETKAN PRODUKSI PADI 1 JUTA TON

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Jember menarget produksi padi tahun 2023 ini mencapai 1 juta ton.  Hal tersebut disampaikan Kasubag Tanaman Pangan Dinas TPHP Rudi Indrawan, Rabu (30/8/23), berdasarkan hasil produktivitas tahun lalu yang mencapai sekitar 900 ribu ton.

Ia menyebut, selama musim kering bulan Agustus-September sudah ada sekitar 4.000 hektar lahan sawah yang siap ditanami padi. Lahan yang bisa ditanami padi antara lain berada di Kecamatan Mumbulsari, Silo, Mayang, dan Sumberjambe akan menjadi prioritas.

Selain itu, untuk percepatan tanam Dinas TPHP memberikan bantuan atau stimulan kepada petani berupa benih padi. Kemudian sarana lainnya yang diberikan adalah pupuk organik cair dan pestisida hayati.

Pemkab memiliki program memberikan bantuan kepada petani yang setiap tahun menanam padi. Harapannya petani yang biasa menanam padi tidak beralih ke komoditas lain. Agar nantinya pasokan gabah yang telah ditargetkan tidak akan berkurang.

Sementara untuk lahan yang tidak bisa ditanami padi akan dipercepat juga untuk tanaman jagung atau palawija. Seperti di daerah Ambulu, Wuluhan dan Puger yang tidak bisa ditanami padi pada musim kemarau.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B