PELABUHAN PERIKANAN BARU JEMBER RENCANANYA DIBANGUN DI AMBULU

PELABUHAN PERIKANAN BARU JEMBER RENCANANYA DIBANGUN DI AMBULU

PELABUHAN PERIKANAN BARU JEMBER RENCANANYA DIBANGUN DI AMBULU

Jember segera punya pelabuhan perikanan baru yang rencananya dibangun di antara pantai Payangan dan Watu Ulo Kecamatan Ambulu, Jember. Plt Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jember, Tigo Dewanto, Selasa (23/3/2021) pagi menjelaskan, pembangunan pelabuhan perikanan baru tersebut akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Menurut Tigo, pelabuhan perikanan baru itu nantinya diharapkan bisa mendongkrak produksi perikanan di Jember pertahunnya. Mengingat, mulai dari tahun 90an hingga sekarang, produksi perikanan di Kabupaten Jember tidak ada kenaikan yang signifikan, di angka 9.000 ton per tahun. Hal ini disebabkan oleh fasilitas pelabuhan perikanan di Jember yang belum memadai.

Tigo melanjutkan, dengan adanya pelabuhan perikanan yang baru, ditargetkan produksi perikanan di Jember mencapai 25.000 ton per tahun. Sebelum pembangunan dimulai, pihaknya punya tugas untuk melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar. Karena sebagian lahan untuk pembangunan pelabuhan seluas 14 ha itu masih ditempati warga. Meskipun lahan yang ditempati warga sekitar merupakan tanah negara, namun karena sudah menempati bertahun-tahun, perlu pendekatan agar tidak menimbulkan konflik.

Meski demikian, Tigo mengaku warga sekitar menyambut positif rencana pembangunan pelabuhan perikanan baru. Pelabuhan perikanan memang yang mereka harapkan selama ini untuk menunjang kegiatan nelayan setempat. Namun, Pemerintah Provinsi Jawa Timur baru melakukan pembangunan usai lahan dikosongkan dan sertifikat pelabuhan dikeluarkan. Targetnya, pembangunan pelabuhan itu dimulai pada 2022.(don)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B