PEMKAB JEMBER SIAP BANTU BIBIT TEMBAKAU YANG RUSAK AKIBAT TERENDAM AIR

PEMKAB JEMBER SIAP BANTU BIBIT TEMBAKAU YANG RUSAK AKIBAT TERENDAM AIR

PEMKAB JEMBER SIAP BANTU BIBIT TEMBAKAU YANG RUSAK AKIBAT TERENDAM AIR

Pemkab Jember melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Jember menyatakan siap memberikan bantuan bibit tembakau kepada petani.

Kasubag Perencanaan Dinas TPHP Jember, Rudi Indrawan, Senin (10/7/23) menerangkan, pihaknya telah turun ke lapangan untuk memetakan dampak kerugian akibat hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Bila memungkinkan untuk dilakukan penanaman ulang, Dinas TPHP akan memberikan bantuan bibit kepada petani yang tembakaunya betul-betul rusak akibat terendam air hujan.

Berdasarkan pantauan Dinas TPHP, untuk kawasan Tanggul air sudah langsung surut. Sementara genangan masih terjadi di sejumlah titik di daerah Kecamatan Ambulu dan Wuluhan.

Rudi mengungkapkan, karena harga tembakau cukup baik dalam beberapa tahun terakhir, banyak petani yang ingin mendapat keuntungan lebih dengan menanam tembakau. Terlebih adanya prediksi kemarau panjang sebagai dampak dari el nino.

Pihaknya sama sekali tidak menduga adanya perubahan cuaca yang tiba-tiba terjadi, hujan berkepanjangan turun di musim kemarau.

Kendati demikian, sejumlah petani yang menanam padi justru merasa diuntungkan. Menurut Rudi, hujan kemarin memang bertepatan dengan waktunya menggenangi tanaman padi. Sehingga petani tidak kesulitan mendapatkan air.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B