PENYORTIRAN HARI PERTAMA, KPU JEMBER TEMUKAN 208 SURAT SUARA RUSAK

PENYORTIRAN HARI PERTAMA, KPU JEMBER TEMUKAN 208 SURAT SUARA RUSAK

PENYORTIRAN HARI PERTAMA, KPU JEMBER TEMUKAN 208 SURAT SUARA RUSAK

Penyortiran sekaligus pelipatan surat suara di gudang KPU Jember dimulai Jumat (5/1/24). Sehari pelaksanaan, KPU menemukan 208 surat suara yang rusak.

Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Jember, Minati Mukminin, Sabtu (6/1/24) menyampaikan, kerusakan surat suara tersebut dikarenakan cacat, terdapat noda tinta, serta robek. Kerusakan tersebut terjadi dari pengiriman pabrik percetakan.

Surat suara yang selesai dilipat di hari pertama sebanyak 339 box, dengan masing-masing berisi 500 lembar. Dari jumlah yang seharusnya 169.500 lembar surat suara, ada kekurangan sebanyak 153 lembar.

Proses pelipatan surat suara dilakukan di dalam tenda yang disiapkan di halaman gudang KPU. Dengan melibatkan 675 orang tenaga pelipat. Hanya saja, yang turut menjadi perhatian KPU, musim hujan yang terjadi saat ini cukup mengkhawatirkan.

Untuk mengantisipasi gangguan air hujan saat pelipatan, di bagian bawah tenda sudah dilapisi dengan palet kayu. Bagian sekeliling tenda juga dipasang kain penghalang agar air hujan tidak masuk dan mengganggu jalannya penyortiran serta pelipatan.

Proses pelipatan sendiri ditargetkan selesai pada 18 Januari 2024 mendatang. Ada sekitar 10 juta lebih surat suara yang harus dilipat dari lima jenis pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 nanti. (thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B