PERINGATI HPN, PWI JEMBER MENGGELAR DIALOG PUBLIK DENGAN TEMA POTENSI RUPIAH DI BALIK TUMPUKAN SAMPAH

PERINGATI HPN, PWI JEMBER MENGGELAR DIALOG PUBLIK DENGAN TEMA POTENSI RUPIAH DI BALIK TUMPUKAN SAMPAH

PERINGATI HPN, PWI JEMBER MENGGELAR DIALOG PUBLIK DENGAN TEMA POTENSI RUPIAH DI BALIK TUMPUKAN SAMPAH

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jember, menggelar dialog publik. Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Wahyawibawagraha dengan  mengusung tema "Ada Rupiah di Balik Tumpukan Sampah" dengan mendatangkan sejumlah Narasumber berkompeten.

Diantaranya, Bupati Jember Hendy Siswanto, Anggota DRPD Provinsi Jawa Timur Satib, Akademisi Universitas Jember Ciplis Gema dan Tri Ratnasari.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, kegiatan ini sebagai wadah penyampaian aspirasi dari masyarakat kepada pemerintah dan sebaliknya, sekaligus menjadi media untuk mensosialisasikan program-program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember.

Bupati  mengatakan, Kabupaten Jember telah mempunyai Perda tentang pengelolaan sampah sebagai bentuk kontribusi untuk menyelesaikan permasalahan sampah.

Bupati bilang, salah satu pengelolaan sampah di Jember yang bisa menghasilkan rupiah adalah bank sampah.

Kabupaten Jember telah memiliki setidaknya 86 bank sampah sebagai tempat masyarakat menyetorkan sampah yang telah dikumpulkan. Dan dari sini tumpukan sampah tersebut bisa menghasilkan rupiah.

Selanjutnya, terkait upaya pemerintah untuk menggali potensi rupiah dari pengelolaan sampah, Bupati akan menggandeng lembaga pendidikan.

Setiap murid nantinya akan diminta membawa sampah yang ada di rumah masing-masing ke sekolah, untuk kemudian diberikan pemahaman mengenai pemilahan, serta pengelolaannya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Satib mengatakan, pihaknya saat ini juga tengah gencar melakukan sosialisasi tentang Peraturan Daerah (Perda) Sampah, yang salah satunya membahas terkait pengelolaan sampah.

Ia mengatakan, sampah di Kabupaten Jember cukup potensial untuk dijadikan rupiah. Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) perlu untuk memiliki sebuah sistem yang strategis, dalam pengelolaan sampah.(Put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B