PERSIAPAN MASA ANGKUTAN LEBARAN, HAL INI YANG DILAKUKAN SATLANTAS POLRES JEMBER DAN PENGELOLA TERMINAL TAWANG ALUN

PERSIAPAN MASA ANGKUTAN LEBARAN, HAL INI YANG DILAKUKAN SATLANTAS POLRES JEMBER DAN PENGELOLA TERMINAL TAWANG ALUN

PERSIAPAN MASA ANGKUTAN LEBARAN, HAL INI YANG DILAKUKAN SATLANTAS POLRES JEMBER DAN PENGELOLA TERMINAL TAWANG ALUN

Jelang masa angkutan lebaran 2023, berbagai persiapan dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Termasuk Satlantas Polres Jember yang melakukan survei jalur mudik lebaran di sepanjang jalur yang ada di kabupaten Jember, mulai perbatasan wilayah Lumajang hingga perbatasan Banyuwangi.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Jember, Iptu Heru Siswanto, Selasa (4/4/23) mengatakan, persiapan lain yang dilakukan Satlantas Polres Jember dengan memasang himbauan kepada pengguna jalan di jalur titik rawan laka. Selain itu bersama Dishub juga melaksanakan Ram Check rutin di Terminal Tawang Alun.

Heru mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Jember terkait pengamanan tempat pariwisata khususnya Papuma dan Watu Ulo. Rekayasa lalu lintas, penempatan rambu, serta menempatkan personil di berbagai simpul, semua hal tersebut juga akan dilakukan untuk memastikan kelancaran dan kemananan di masa libur Lebaran nanti.

Persiapan yang sama juga dilakukan oleh Terminal Tawang Alun Jember. Pujiono, Kepala Terminal Tawang Alun Jember, mengaku sudah melaksanakan persiapan untuk masa angkutan lebaran sejak 27 Februari sampai 13 April mendatang dengan melaksanakan RAM check untuk memastikan kondisi kendaraan baik secara fisik dan administrasi.

Saat ini pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 170 armada, namun angka tersebut masih akan terus bertambah mengikuti jumlah penumpang. Pihaknya juga menyediakan bus cadangan dengan bekerjasama dengan Perusahan Oto Bus (PO) untuk menghindari pengendapan penumpang.

Ia menjelaskan, bahwa tahun lalu ada sebanyak 3.600 lebih penumpang keluar dari Terminal Tawang Alun saat masa angkutan Lebaran. Tahun ini diprediksi jumlahnya akan meningkat seiring telah dicabutnya aturan PPKM.

Puji mengatakan, pihaknya juga akan menyiapkan pengobatan gratis bagi penumpang dan menyiapkan posko pengamanan di dalam terminal serta luar terminal. (ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B