PERSIAPAN PEDAGANG HEWAN KURBAN JELANG IDUL ADHA DI JEMBER

PERSIAPAN PEDAGANG HEWAN KURBAN JELANG IDUL ADHA DI JEMBER

PERSIAPAN PEDAGANG HEWAN KURBAN JELANG IDUL ADHA DI JEMBER

Jelang Idul Adha 2023, sejumlah pedagang hewan sudah melakukan persiapan dan penjualan hewan kurban. Seperti Kharisma, Pemilik KTJFarm yang mengungkapkan berbagai persiapan yang telah dilakukan. Diantaranya, sterilisasi kandang, menjaga berat badan hewan dan cek kondisi setiap hewan agar dalam keadaan terbaik. Selain itu juga pemberian vaksin, vitamin serta makanan terbaik.

Kharisma menyebut, penjualan kambing tak seramai tahun lalu saat masih diliputi wabah PMK, yang membuat banyak orang memilih berkurban kambing dibanding sapi. Meski demikian, ia optimis kurang dari seminggu sampai H-1 akan banjir orderan lantaran di waktu tersebut merupakan golden time pembelian hewan kurban.

Kharisma juga membagikan tips bagi warga yang akan membeli kambing untuk kurban. Menurutnya, Kambing harus dalam kondisi sudah dewasa (gigi poel). Selanjutnya melihat kesempurnaan fisik kambing salah satunya dengan melihat kondisi buah zakar kambing, jika hanya 1 maka tidak sempurna. Hal lain bisa dilihat dengan panjang telinga kambing apakah sama atau tidak. Menurutnya, salah satu indikator kesehatan kambing juga bisa dilihat dari kelincahannya.

Selain Kharisma, pedagang hewan kurban lainnya yakni Hasroel, pemilik Bakoel Sapi juga mengungkap bahwa menjelang Idul Adha ini ia melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya dengan vaksin dan memberikan ramuan herbal setiap hari agar stamina sapi terjaga dan sehat.

Berbeda dengan kambing, menurut Hasroel untuk penjualan sapi tahun ini meningkat cukup signifikan karena berkurangnya isu wabah PMK. Selain peningkatan jumlah pembeli, Hasroel mengungkap beberapa pedagang juga menaikkan harga jual sapi. Harga sapi kurban untuk saat ini berada dikisaran harga 15 hingga 70 juta tergantung dari jenis sapinya. (Ibl)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B