PULAU NUSA BARUNG AKAN DIKELOLA JADI OBJEK WISATA BARU DI JEMBER

PULAU NUSA BARUNG AKAN DIKELOLA JADI OBJEK WISATA BARU DI JEMBER

PULAU NUSA BARUNG AKAN DIKELOLA JADI OBJEK WISATA BARU DI JEMBER

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menyiapkan Pulau Nusa Barung sebagai destinasi wisata baru. Bupati Jember, Hendy Siswanto, Rabu (26/5/2021) saat di temui di Pendopo Wahyawibawagraha mengatakan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno tertarik untuk mendukung pengembangan pariwisata di Jember melaui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Salah satunya Pulau Nusa Barung.

Sehingga menurut Hendy, saat ini tugas Pemkab Jember adalah menata konsep kepemilikan, pengelolaan, dan penataan wisata di Pulau Nusa Barung. Pihaknya yakin, Pulau Nusa Barung akan menjadi objek wisata yang bisa menarik banyak antusias wisatawan. Karena objek wisata tersebut lengkap, mulai dari laut, pantai, dan nantinya juga akan disiapkan tempat kuliner.

Terkait status Pulau Nusa Barung sebagai suaka margasatwa, Hendy menegaskan dirinya sudah menjalin komunikasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).  Selain itu secara aturan, wilayah konservasi masih bisa dikembangkan untuk tempat wisata, sepanjang pengembangan tersebut tidak mengganggu habitat disana. Rencananya, konsep pengembangan wisata Pulau Nusa Barung akan dimulai tahun depan dan Pemkab Jember yang akan mengelolanya secara langsung.

Selain Pulau Nusa Barung, Hendy juga berencana untuk mengembangkan wisata di wilayah konservasi lain yang ada di Jember. Yakni kawasan pantai Taman Nasional Meru Betiri (TNMB). Pihaknya akan membangun jalan aspal sepanjang 30 km di kawasan tersebut, sehingga bisa diakses wisatawan umum. Sementara terkait konsepnya, ia ingin objek wisata TNMB seperti Pantai Senggigi yang terletak di Lombok , Nusa Tenggara Barat.(don)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B