SEORANG GURU TPQ DI JEMBER TERPILIH JADI IMAM MASJID DI UNI EMIRAT ARAB

SEORANG GURU TPQ DI JEMBER TERPILIH JADI IMAM MASJID DI UNI EMIRAT ARAB

SEORANG GURU TPQ DI JEMBER TERPILIH JADI IMAM MASJID DI UNI EMIRAT ARAB

Seorang guru Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) di Jember berhasil terpilih sebagai Imam Masjid di Uni Emirat Arab (UEA). Pria bernama Fathur Rahman (35), warga Dusun Krajan A, Desa Wonorejo, Kecamatan Kencong dinyatakan lolos seleksi sebagai Imam Masjid di Uni Emirat Arab pada pertengahan April lalu.

Menurut Rahman saat dihubungi K Radio melalui telepon, Kamis (29/4/2021), ia telah mengikuti seleksi untuk menjadi Imam Masjid di UEA sejak 3 tahun lalu melalui Kementerian Agama RI. Total ada 250 peserta yang ikut penjaringan Imam Masjid dari seluruh Indonesia yang kemudian diseleksi kembali dan menyisakan 100 orang pada Oktober 2020.

Rahman melanjutkan, tahapan seleksinya meliputi kemampuan mengafal Al Quran 30 Juz, kefasihan berbahasa Arab, pemahaman Fiqih dan Mazhab. 100 besar kandidat tersebut kemudian menjalani seleksi langsung oleh perwakilan tim dari UEA sekitar Februari 2021 untuk diambil 27 besar. Iapun dinyatakan menjadi salah satu dari 27 besar yang lolos menjadi imam masjid di UEA pada pertengahan April lalu.

Nantinya Rahman bersama 26 orang lainnya dari Indonesia ditugaskan di masjid-masjid yang tersebar di 7 negara bagian  UEA, termasuk Dubai. Ia juga ditugaskan untuk mengisi kultum dan menjadi khotib Jumat selama 2 tahun. Rencanannya, ia akan terbang ke UEA usai Idul Fitri tahun ini. Namun, tanggal pastinya masih menunggu informasi dari Pemerintahan UEA.

Rahman mengaku sempat dilema, sebelum benar-benar mantap untuk berangkat menjadi Imam di UEA. Sebagai anak, ia sebenarnya tidak ingin meninggalkan kedua orang tuanya yang sudah lanjut usia. Ia ingin memiliki waktu untuk merawat kedua orang tuanya. Tapi setelah orang tuanya merestui rencana keberangkatannya ke UEA, iapun akhirnya mengambil kesempatan untuk menjadi Imam di UEA.(don)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B