SIDAK KE PASAR, BUPATI JEMBER AKUI DAYA BELI MASYARAKAT RENDAH

SIDAK KE PASAR, BUPATI JEMBER AKUI DAYA BELI MASYARAKAT RENDAH

SIDAK KE PASAR, BUPATI JEMBER AKUI DAYA BELI MASYARAKAT RENDAH

Bupati Jember, Hendy Siswanto, Selasa (11/5/2021) melakukan inspeksi mendadak (sidak) di 2 pasar besar, yakni Pasar Tanjung dan Pasar Mangli. Ia didampingi Wakil Bupati Jember, Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jember. Dari hasil sidak di 2 pasar besar tersebut, ia mengakui rendahnya daya beli masyarakat menjelang Lebaran tahun ini.

Hendy mengatakan, ada sedikit kenaikan dan perubahan harga dari sejumlah komoditas. Rendahnya daya beli diduga karena pandemi, mengingat stok kebutuhan menjelang lebaran terpantau aman. Sedikitnya pembeli juga mempengaruhi terjadinya deflasi di Kabupaten Jember.

Menurut Hendy, meskipun kondisi daya beli masyarakat menjelang Idul Fitri 2021 masih rendah, namun kondisi ini lebih baik dibandingkan dengan saat ramadan tahun lalu. Pada tahun ini, pasar masih buka dan melayani aktivitas perdagangan dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan.

Meski demikian, Hendy menyoroti pembelian komoditas daging dengan jumlah besar yang mencapai 2 ton untuk keperluan arisan daging. Baginya, fenomena itu menjadi salah satu contoh membangkitkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Ia berharap, masyarakat segara menjalankan perekonomian dengan normal, agar ke depan dapat segera pulih. 

Berdasarkan pantauan di Pasar Tanjung dan Pasar Mangli, harga-harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan, seperti cabai. Harga tertinggi cabai merah di Pasar Tanjung Rp 48.000/kg, sementara di Pasar Mangli Rp 42.000/kg. Untuk harga cabai rawit di Pasar Tanjung menyentuh harga Rp 57.000/kg, sementara di Pasar Mayang Rp 47.000/kg.

Komoditas lainnya yang mulai merangkak naik adalah harga daging sapi dan ayam broiler. Harga daging sapi tertinggi di Pasar Tanjung Rp 130.000/kg, sedangkan terendah di Pasar Mayang Rp 115.000/kg. Daging Ayam broiler harga tertinggi di Pasar Tanjung Rp 35.000/kg, harga terendah di Pasar Mayang Rp 33.000/kg.

Sedangkan harga-harga komoditas lainnya seperti beras, minyak goreng dan telur masih stabil. Harga beras jenis IR 64 tertinggi seharga Rp 12.000/kg, harga telur tertinggi Rp 24.000/kg dan harga minyak goreng tertinggi Rp 15.000/kg.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B