SOAL BOCOR, UAS DI SMPN 2 JEMBER DIULANG PEKAN DEPAN

SOAL BOCOR, UAS DI SMPN 2 JEMBER DIULANG PEKAN DEPAN

SOAL BOCOR, UAS DI SMPN 2 JEMBER DIULANG PEKAN DEPAN

Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Jember terpaksa diulang pekan depan. Hal itu berlaku untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sebab, pada ujian mata pelajaran tersebut yang dilaksanakan Kamis (6/5/2021), diketahui ada kebocoran soal.

Kebocoran soal terindikasi saat seorang pengawas di salah satu ruang kelas, mendapati seorang siswa peserta ujian asyik menggunakan ponsel ketika ujian berlangsung. Ponsel tersebut kemudian disita dan siswa tersebut diminta untuk mengaku. Dari pengakuan siswa tersebut, terungkap bahwa soal ujian IPA sudah bocor sejak beberapa hari sebelum pelaksanaan ujian. Para siswa sudah mengerjakan bersama soal tersebut sejak sebelum pelaksanaan ujian.

Terdapat 48 siswa yang diketahui terlibat dalam kerja bareng dalam kebocoran soal ujian tersebut. Menurut  Kepala SMPN 2 Jember, Mohammad Sabarno, ujian tersebut cukup penting. Karena merupakan ujian akhir selama di SMP dan sebagai pengganti Ujian Akhir Nasional (UAN). Para siswa yang terlibat dalam kebocoran soal tersebut akhirnya diminta untuk mengikuti ujian ulang pekan depan.

Sabarno menjelaskan, pelaksanaan ujian ulang sebagai bentuk pendidikan karakter bagi para siswa. Agar mereka menjunjung tinggi kejujuran selama proses pendidikan. Sebab, setelah ini, mereka akan melanjutkan sekolah ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).(afp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B