SSA PINTU MASUK BUPATI WUJUDKAN KAWASAN EDUKASI JEMBER

SSA PINTU MASUK BUPATI WUJUDKAN KAWASAN EDUKASI JEMBER

SSA PINTU MASUK BUPATI WUJUDKAN KAWASAN EDUKASI JEMBER

Bupati Jember memiliki impian jangka panjang yakni mewujudkan sebuah kawasan edukasi di Jember. Kawasan tersebut rencananya akan dibangun di lingkungan kampus Universitas Jember (UNEJ).

Bupati Jember Hendy Siswanto, Senin (16/10/23) menyampaikan, salah satu pintu masuk mewujudkan keinginan jangka panjang tersebut melalui pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) di 4 ruas Jalan yaitu, Kalimantan, Mastrip, Riau, dan Jalan Jawa.

Pemkab ingin menerapkan SSA secara permanen 24 jam penuh kedepannya. Selanjutnya Pemkab akan memperbaiki keberadaan trotoar di sepanjang ruas jalan tersebut serta saluran airnya.

Keberadaan hambatan samping seperti PKL dan tempat parkir juga akan ditata. PKL akan dipindahkan ke tempat khusus untuk berjualan nantinya. Namun untuk tempatnya masih akan dicarikan.

Parkir kendaraan roda 4 di bahu jalan juga akan dibuat paralel agar tidak terlalu memakan bahu jalan.

Setelah semua berjalan, Pemkab akan menyediakan bus khusus yang tugasnya hanya berkeliling di jalan lingkar kampus. Agar pengguna dapat memanfaatkannya untuk keperluan di kawasan kampus secara gratis dan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di area kampus.

Lebih jauh Bupati ingin menciptakan iklim akademis di lingkungan kampus seperti di kota-kota besar. Dimana trotoar hanya akan digunakan oleh pejalan kaki, lalu lintas berjalan lancar, tingkat polusi udara dan kebisingan dapat dikurangi, sehingga betul-betul mewujudkan sebuah kawasan edukasi.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B