TINGKATKAN NILAI EKONOMI, DOSEN TEKNIK KIMIA UNEJ LATIH MASYARAKAT OLAH KELAPA MENJADI VCO

TINGKATKAN NILAI EKONOMI, DOSEN TEKNIK KIMIA UNEJ LATIH MASYARAKAT OLAH KELAPA MENJADI VCO

TINGKATKAN NILAI EKONOMI, DOSEN TEKNIK KIMIA UNEJ LATIH MASYARAKAT OLAH KELAPA MENJADI VCO

Sebagai Upaya meningkatkan nilai jual hasil pertanian buah kelapa, Mahasiswa dan Dosen dari Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Jember menggelar penyuluhan pengelolaan buah kelapa menjadi Virgin Coconut Oil (VCO) di Desa Nogosari, Kabupaten Jember.

Ir. Bekti Palupi S.T., M.Eng., salah satu Dosen Peniliti dalam kegiatan tersebut menjelaskan, Jember menjadi salah satu daerah penghasil kelapa di Jawa Timur. Setiap tahunnya 13.601 ton kelapa dihasilkan dari Kota Tembakau ini. Desa Nogosari di Kecamatan Rambipuji, merupakan salah satu penghasil kelapa di Jember.

Menurut Bekti, melihat potensi yang ada, melalui program hibah pengabdian pemula dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember pihaknya ingin memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya dalam meningkatkan nilai tambah hasil pertanian kelapa. Salah satunya dengan mengolah kelapa menjadi VCO.

Adapun yang terlibat dalam kegiatan penyuluhan pembuatan VCO di Desa Nogosari meliputi Ir. Istiqomah Rahmawati S.Si., M.Si., dan Ir. Meta Fitri Rizkiana S.T., M.Sc., serta beberapa mahasiswa yang terlibat yaitu Firsta Retnaningtyas Udroto, Lailatul Krisna Abdullah, Ariel Seanhan Haezer, dan Nanda Ayudiyah Andriani.

Untuk kali pertama penyuluhan ini menyasar ibu-ibu PKK di Desa Nogosari. Kegiatan penyuluhan telah berlangsung pada Kamis (25/05/23).

Bekti menambahkan, usai penyuluhan pihaknya akan terus melakukan pendampingan secara langsung menggunakan Teknologi Tepat Guna (TTG) mesin sentrifugasi VCO.

Dikonfirmasi terpisah, Bella Sasmita ketua PKK Desa Nogosari merasa bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Pasalnya selama ini mereka hanya bisa menjual langsung hasil panen. Tanpa mengetahui cara mengolahnya untuk meningkatkan nilai ekonomi Kelapa. Ia berharap pendampingan bisa terus dilakukan agar masyarakat setempat secara mandiri dapat memproduksi VCO .

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B