TIPS ATASI GANGGUAN PENCERNAAN SAAT PUASA

TIPS ATASI GANGGUAN PENCERNAAN SAAT PUASA

TIPS ATASI GANGGUAN PENCERNAAN SAAT PUASA

Ada sejumlah gangguan kesehatan yang rentan dialami saat kita menjalankan puasa. Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, dr. Koeshar Yudyarto, Rabu (5/4/23).

Menurutnya, puasa bisa menyebabkan beberapa masalah Kesehatan, terutama pada hari-hari pertama puasa saat tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan pola makan.

Ia menjelaskan, masalah kesehatan yang dimaksud salah satunya adalah gangguan pencernaan. Beberapa orang bisa mengalami gangguan pencernaan selama puasa seperti sakit perut, mulas, diare, atau asam lambung. Hal tersebut terjadi karena perubahan pola makan atau karena makanan yang tidak tepat saat sahur atau berbuka.

Sedangkan, penyebab gangguan pencernaan saat puasa antara lain, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kebiasaan makan terlalu banyak saat berbuka puasa lalu dilanjutkan dengan tidur. Selain itu minum-minuman yang dingin disertai makan makanan yang terlalu pedas atau asam, bisa membuat asam lambung meningkat dan menghasilkan gas yang cukup banyak. Kemudian, banyak mengonsumsi makanan berlemak dan terakhir karena kurang minum air putih.

Oleh karena itu dr. Koeshar membagikan tips yang bisa dilakukan untuk menghindari gangguan pencernaan pada saat puasa.

Pertama, waktu makan harus teratur baik pada saat sahur dan buka usahakan untuk tidak telat. Kedua, mengontrol porsi makan dengan baik seperti dengan mengonsumsi makanan dengan zat gizi dan porsi makan yang seimbang. Mengingat, karbohidrat, protein, serat, bahkan lemak juga masih diperlukan tubuh untuk tetap sehat selama ramadan.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B