UM JEMBER BERSAMA PWM JATIM RESMIKAN SPBU PT TUNAS HARAPAN BANGSA DI SITUBONDO

UM JEMBER BERSAMA PWM JATIM RESMIKAN SPBU PT TUNAS HARAPAN BANGSA DI SITUBONDO

UM JEMBER BERSAMA PWM JATIM RESMIKAN SPBU PT TUNAS HARAPAN BANGSA DI SITUBONDO

Universitas Muhammadiyah (UM) Jember terus gencar menjalankan program-program Corporate Social Responsibility (CSR). Terbaru, pada Sabtu (1/5/2021), Rektor UM Jember dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PT Tunas Harapan Bangsa. SPBU tersebut berada di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo yang sebelumnya telah beroperasi sejak Selasa (27/4/2021).

Acara peresmian itu juga dihadiri sejumlah pihak, yakni Pimpinan Daerah Muhammdiyah (PDM) Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Situbondo serta Pemerintah Kabupaten Situbondo. Dalam sambutannya, Rektor UM Jember, Dr. Hanafi, M.Pd menyampaikan bahwa SPBU PT Tunas Harapan Bangsa siap memberdayakan masyarakat yang ada.

Selain itu, Hanafi menceritakan, SPBU tersebut dapat direalisasikan setelah melalui perjalanan panjang. Meski demikian, selama setahun terakhir, prosesnya berjalan lancar dan saat ini sudah diizinkan untuk beroperasi. Total luas tanahnya yakni 9.000 meter persegi dengan luas bangunan SPBU mencapai 5.000 meter persegi. Dana yang digelontorkanpun mencapai Rp 10 miliar.

Hanafi juga ingin menyambung tali persaudaraan dengan masyarakat Klatakan, Situbondo. Ia berharap, masyarakat sekitar bisa bekerja sama. Sehingga amal usaha SPBU bisa berjalan lancar dan membawa barokah. Hal itu selaras dengan moto 'Dari Muhammadiyah untuk Indonesia'.

Lebih jauh, Direktur Utama, Budi Sugeng Wahyudi menceritakan perjalanan lima tahun proses pendirian SPBU. Ia mengenang sosok almarhum Abdurrahman Samak, Ketua PDM Situbondo sebelumnya. Almarhum meninggal dalam kecelakaan ketika perjalanan pulang dari Jember, seusai rapat koordinasi pendirian SPBU pada 2016 lalu. Untuk mengenang jasanya sebagai salah satu penggagas, maka nama almarhum diabadikan sebagai nama musala di SPBU tersebut.

Sementara itu, Camat Kendit, Sigit Raharjo menjelaskan, SPBU tersebut nantinya akan dilewati Tol Probowangi yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa. Lokasi tersebut dirasa cukup strategis, dengan berlatar Gunung 'Putri Tidur' di bagian belakang SPBU. Pemerintah Kabupaten Situbondo juga siap memberikan pembinaan dan strategi.

Dikonfirmasi bersamaan, perwakilan dari PWM Jawa Timur, Thohir Luth menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada Pemerintah Kabupaten Situbondo yang bersedia untuk ditempati amal usaha Muhammadiyah. Pihaknya merencanakan akan mengembangkan amal usaha Muhammadiyah pada bidang lainnya di Kabupaten Situbondo.

Sebelumnya, UM Jember juga telah siap membangun Rumah Sakit pertamanya. Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit UM Jember langsung dilakukan bersama Bupati Jember, Hendy Siswanto pada Sabtu (3/4/2021) di Kelurahan Kranjingan, Kecamatan Sumbersari. Bupati mengaku senang dengan dibangunnya rumah sakit tersebut yang merupakan bentuk investasi di Kabupaten Jember. Iapun beraharap bisa segera difungsikan agar memberikan manfaat bagi masyarakat.(don)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B