UM JEMBER GELAR WISUDA TATAP MUKA PERDANA DI MASA PANDEMI COVID-19

UM JEMBER GELAR WISUDA TATAP MUKA PERDANA DI MASA PANDEMI COVID-19

UM JEMBER GELAR WISUDA TATAP MUKA PERDANA DI MASA PANDEMI COVID-19

Universitas Muhammadiyah (UM) Jember mengukuhkan 251 wisudawan dalam Rapat Terbuka Senat, Minggu (11/4/2021). Wisuda ke-44 ini dilaksanakan secara tatap muka di Gedung Ahmad Zainuri UM Jember.

Masa pandemi Covid-19 memang membuat UM Jember berinovasi dalam pelaksanaan wisudanya. Pada periode sebelumnya, wisuda sempat dilakukan secara drive thru dan kali ini secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tentunya, wisuda tatap muka ini telah melalui beberapa pertimbangan dari pihak UM Jember.

Ketua Panitia Wisuda semester ganjil 2020/2021, Nikmatur Rohmah menjelaskan, pihaknya ingin menjadikan wisuda sebagai sebuah momen istimewa bagi mahasiswa.Dari hasil evaluasi atas kebijakan sebelumnya terkait wisuda drive thru, pihaknya merasa pelaksanaannya tidak efisien. Karena para wisudawan berada di luar gedung dan menunggu pemanggilan untuk masuk ke dalam area wisuda. Selain itu, wisuda drive thru juga dirasa tidak nyaman bagi mahasiswa. Maka, pelaksanaan wisuda tatap muka terbatas ini diambil sebagai jalan tengah.

Dalam wisuda kali ini menurut Nikmatur Rohmah, pihak yang diperbolehkan hadir hanya peserta wisuda saja. Sedangkan orang tua tidak diperkenankan ikut ke dalam area wisuda. Dalam pelaksanaannya, banyak wisudawan maupun orang tua yang merasa keberatan. Namun, pihaknya berusaha meyakinkan mereka dan meminta agar memahami kondisi pandemi seperti saat ini.

Sebanyak 501 mahasiswa dikukuhkan dalam wisuda UM Jember ke-44 ini, terbagi menjadi 2 kloter. Kloter pertama berjumlah 251 mahasiswa yang di wisuda pada Minggu (11/4/2021) dan sisanya sebanyak 250 mahasiswa pada Senin (12/4/2021). Pada tiap kloter, wisudawan dibagi menjadi 2 kelompok yang ditempatkan indoor dan outdoor untuk menerapkan physical distancing.

Selain itu, Nikmatur Rohmah menambahkan, sebelum masuk ke area wisuda, para mahasiswa wajib menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, serta dilakukan pengecekan suhu tubuh. Kemudian, saat penerimaan toga, mereka tidak diperkenankan berjabat tangan dan langsung diarahkan untuk pulang.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B