UNEJ LUNCURKAN SISTEM INFORMASI COVIDCARE UNTUK 3T COVID-19

UNEJ LUNCURKAN SISTEM INFORMASI COVIDCARE UNTUK 3T COVID-19

UNEJ LUNCURKAN SISTEM INFORMASI COVIDCARE UNTUK 3T COVID-19

Universitas Jember berkolaborasi dengan Komunitas Pengembang Teknologi Informasi Jember meluncurkan sistem informasi Covidcare, Senin (12/4/2021). Sistem ini merupakan layanan kesehatan yang memberikan informasi 3T (testing, tracing, dan treatment) di Unej.

Rektor Unej, Iwan Taruna menjelaskan, dengan sistem informasi Covidcare ini, pihaknya menginginkan penanganan Covid-19 di lingkungan Unej dapat tertangani dengan baik. Karena selama ini, data tracing di lingkungan kampus tersebut belum tersistem dengan baik. Harapannya, jika tersistem dengan baik, data tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi penanganan.

Iwan mencontohkan, data penyintas bisa menjadi data calon pendonor untuk produksi plasma konvalesen. Selain itu, terkait informasi treatment Covid-19, sistem tersebut bisa menjadi media informasi dan edukasi terkait vaksinasi Covid-19. Serta mereduksi hoax yang beredar tentang vaksinasi.

Sementara itu, Ketua Tim Pengembangan Covidcare, Umar Samawi Tashar mengatakan, saat ini sistem tersebut masih dalam tahap 1. Fitur yang tersedia saat ini terbatas untuk pengembangan. Baru nantinya di tahap 2, sudah akan dilakukan migrasi data ke sistem. Sehingga data testing, tracing,dan treatment dapat terdokumentasi dengan baik. Selain itu, sistem informasi Covidcare sejauh ini masih berbasis web. Ke depannya, sistem akan dikembangkan dalam bentuk aplikasi di Android.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B