UNIK, KREASI JELLY PAINTING BERGAMBAR PAHLAWAN DI HUT RI KE-78

UNIK, KREASI JELLY PAINTING BERGAMBAR PAHLAWAN DI HUT RI KE-78

UNIK, KREASI JELLY PAINTING BERGAMBAR PAHLAWAN DI HUT RI KE-78

Seorang ibu-ibu asal Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, Jember memiliki keterampilan unik. Ia menuangkan keterampilan melukis menggunakan media jelly atau yang disebut dengan jelly painting.

Ia adalah Yulia Ernawati, perempuan paruh baya yang berkreasi membuat lukisan di atas jelly. Tidak ada basic seni apapun yang ia miliki sebelumnya, ia hanya belajar secara otodidak.

Dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) RI ke-78, ia membuat berbagai lukisan bertemakan pahlawan serta berhiaskan ornamen merah putih.

Proses diawali dengan membuat sketsa di atas kertas khusus kue. Tinta yang digunakan untuk melukis juga memakai bahan pewarna makanan. Sehingga dipastikan aman untuk dikonsumsi.

Kemudian sketsa letakan di atas jelly setebal 7,5 mm hingga membekas. Lalu dilakukan penebalan dan pewarnaan sesuai dengan gambar yang diinginkan.

Menurutnya bagian tersulit ialah pewarnaan. Ia harus membuat komposisi sesuai dengan warna yang diinginkan. Hal itu paling banyak memakan waktu, bahkan hingga berjam-jam.

Setelah lukisan jadi, tepi dipotong secara presisi mengikuti pola gambar. Selanjutnya diletakan di atas jelly lain secara bertumpuk.

Untuk mempercantik, berbagai ornamen seperti tulisan, bunga, serta pernak-pernik lainnya ditata secara rapi.

Setelah sesuai dengan yang diharapkan, kemudian disiram dengan cairan jelly berwarna bening sebagai perekat sekaligus dapat memberi efek lebih mengkilap.

Tahap akhir, jelly dikemas dalam dan dihias dengan pita hingga siap dikirim kepada pemesan.

Kreasi jelly painting itu kemudian ia jual mulai dari harga Rp 250 hingga Rp 360 ribu. Momentum HUT RI kali ini pemesanan jelly bertemakan pahlawan meningkat hingga 30 persen.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B