WASPADA DBD SAAT MUSIM HUJAN, CEGAH DENGAN 3M PLUS

WASPADA DBD SAAT MUSIM HUJAN, CEGAH DENGAN 3M PLUS

WASPADA DBD SAAT MUSIM HUJAN, CEGAH DENGAN 3M PLUS

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang sering dijumpai saat musim hujan. Namun ada acara efektif untuk mencegah DBD, yakni dengan 3M plus. Seperti yang disampikan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jember, dr. Koeshar Yudyarto, Jumat (17/2/23).

Ia mengatakan, DBD adalah penyakit yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. DBD merupakan penyakit yang sering terjadi di musim hujan karena saat ini perkembangbiakan nyamuk meningkat.

Menurutnya, ciri-ciri umum DBD ditandai dengan demam, mimisan dan bintik-bintik merah dikulit. Sehingga jika muncul tanda tersebut maka harus segera diperiksakan ke puskemas ataupun rumah sakit terdekat.

Koeshar menerangkan, penyakit DBD sendiri dapat dicegah dengan melakukan 3M plus yaitu, Menguras bak mandi, Menutup tempat penyimpanan air, dan Memanfaatkan barang bekas serta melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

Ia menambahkan, selain DBD penyakit kulit seperti gatal-gatal juga sering terjadi saat musim hujan. Masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir atau tempat yang sering tergenang air hujan rawan mengalami penyakit ini.(put)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B