WING CHUN, BELA DIRI YANG COCOK UNTUK PEREMPUAN, LANSIA DAN ANAK-ANAK

WING CHUN, BELA DIRI YANG COCOK UNTUK PEREMPUAN, LANSIA DAN ANAK-ANAK

WING CHUN, BELA DIRI YANG COCOK UNTUK PEREMPUAN, LANSIA DAN ANAK-ANAK

Nama Bruce Lee adalah salah satu legenda di kalangan penggemar film action. Aktor laga yang populer di era tahun 1970 hingga 1980-an ini dikenal dengan kemampuan akting laganya tanpa pemeran pengganti. Namun, belum banyak yang mengetahui bahwa salah satu olahraga beladiri yang ditekuni Bruce Lee adalah Wing Chun.

Bruce Lee adalah salah satu murid generasi awal dari Ip Man, sang pendiri sekaligus mahaguru seni bela diri Wing Chun. Olahraga Wing Chun memang terbilang baru dibandingkan seni bela diri lain yang kebanyakan berasal dari Asia Timur. Berpusat di Hong Kong, olahraga Wing Chun mulai populer di Indonesia sejak tahun 2012, seiring dengan popularitas film Ip Man.

Bahkan olahraga beladiri Wing Chun ini juga terus berkembang di Jember selama beberapa tahun terakhir. Di bawah payung organisasi Federasi Wing Chun Indonesia (FWI), seni bela diri ini banyak digemari karena identik dengan olahraga lembut. Menurut instruktur Wing Chun di Jember, Senki Desta Galuh, bela diri ini disebut olahraga lembut karena lebih mengoptimalkan kerja body mechanic.

Desta melanjutkan, orang yang mempelajari olahraga Wing Chun, bisa melumpuhkan lawan meski dengan energi yang minimalis dan rileks. Sebab, olahraga Wing Chun lebih mengoptimalkan kerja tulang dan otot ketimbang energi. Karena itu, banyak kaum perempuan yang tertarik mempelajari olahraga ini sebagai pengaman atau menjaga diri dari bahaya kriminalitas. Selain itu, olahraga Wing Chun juga cocok dipelajari oleh kaum lanjut usia (lansia) dan anak-anak karena tidak butuh banyak kekuatan.(afp)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B