WISATA JEMBER JADUL HADIR DI PENGHUJUNG TAHUN, AJAK PENGUNJUNG BERNOSTALGIA ERA 80-AN

WISATA JEMBER JADUL HADIR DI PENGHUJUNG TAHUN, AJAK PENGUNJUNG BERNOSTALGIA ERA 80-AN

WISATA JEMBER JADUL HADIR DI PENGHUJUNG TAHUN, AJAK PENGUNJUNG BERNOSTALGIA ERA 80-AN

Sebuah acara yang mengusung tema“Len Jelen Ka Djember Djadoel”, mengajak warga Jember bernostalgia mengenang sensasi Jember ala tempo dulu. Di acara ini pengunjung dapat menikmati berbagai koleksi benda antik berusia puluhan tahun yang dipamerkan. Ada patung, kamera, piringan musik, koin, dan masih banyak lainnya.

Dengan mengambil latar bangunan tempo dulu ditambah pengelola yang mengenakan pakaian batik, para pengunjung bisa menikmati suasana era 80-an saat berada di acara Jember jadul ini. Nuansa jadul juga semakin kental ketika lantunan lagu-lagu tradisional diputar untuk menemani para pengunjung.

Menurut Nanik, salah satu pengunjung, banyak sekali yang dapat dijumpai di Jember jadul ini. Seperti piringan pemutar musik kuno, koin-koin kuno, dan sebagainya.

Termasuk makanan tradisional kesukaannya juga ada, yaitu nogosari dan mendut. Menikmati suasana itu, ia seolah-olah merasa kembali zaman lampau ketika ia masih kecil.

Pengunjung dapat menikmati mulai dari berbagai jenis jajanan tradisional seperti cenil, jenang, iwel-iwel, klepon, es dawet, dan masih banyak lagi yang disajikan di beberapa stan UMKM.

Selain makanan, pengunjung juga dapat mencoba belajar membatik di stan batik. Mencoba permainan tradisional seperti egrang, bakiak, serta permainan lainnya.

Juga ada alat musik tradisional seperti angklung dan gambang yang dapat dimainkan oleh pengunjung.

Uniknya, bila pengunjung ingin membeli makanan atau oleh-oleh khas Jember lainnya, harus menukar uang mereka dengan koin kayu untuk setiap transaksi. Satu koin kayu senilai dengan uang Rp5.000.

Menurut Arief Febriyanto, General Manager Jember Mini Zoo, tema Djember Djadoel yang dihadirkan di tempat wisata yang dikeloalnya ini untuk menghadirkan suasana baru bagi orang tua.

Selain menikmati, orang tua sekaligus dapat mengedukasi anak-anaknya mengenal alat-alat kesenian tradisional, makanan, hingga permainan tradisional sambil berlibur.

Jember jadul ini berlangsung mulai 25 hingga 28 Desember 2023. Selanjutnya akan ada zoo land carnival dari 30 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Serangkaian acara tersebut dikemas dalam ekstravaganzoo menyambut liburan akhir tahun.(thn)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B