2 DAPUR UMUM DI CANDIPURO LUMAJANG MAMPU PENUHI KEBUTUHAN KONSUMSI 768 PENGUNGSI

2 DAPUR UMUM DI CANDIPURO LUMAJANG MAMPU PENUHI KEBUTUHAN KONSUMSI 768 PENGUNGSI

2 DAPUR UMUM DI CANDIPURO LUMAJANG MAMPU PENUHI KEBUTUHAN KONSUMSI 768 PENGUNGSI

Solidaritas ditunjukkan berbagai pihak untuk membantu para korban terdampak Awan Panas Guguran (APG) gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Salah satunya tercermin dari kekompakan ibu-ibu di dapur umum Desa Candipuro. Mereka merupakan Anggota PKK Desa Candipuro yang tergerak membantu pemenuhan kebutuhan konsumsi para pengungsi.

Dikonfirmasi K Radio, Kamis (9/12/2021), Ketua PKK Desa Candipuro, Nining Wahyu, mengatakan bahwa pihaknya menyediakan sekitar 600 porsi makanan per hari. Jumlah tersebut terbagi di 3 jam makan, yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Ratusan porsi itu disiapkan oleh 20 orang Anggota PKK Candipuro.

Nining menyampaikan, selama ini pihaknya mendapatkan bantuan bahan makanan dari para relawan dan donatur. Hanya saja pihaknya terkendala terbatasnya alat masak yang ada. Selain itu, pasar terdekat yang bisa dijangkau hanya beroperasi 2 kali dalam seminggu. Sehingga pihaknya cukup kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahan makanan segar setiap harinya.

Yayasan Baitul Maal (YBM) milik salah satu BUMN juga menyediakan dapur umum di Kantor Desa Candipuro. Dengan alat yang memadai, dapur umum tersebut mampu menyediakan 400 – 600 porsi makanan dalam sekali masak.

Menurut relawan YBM, Ruli, ada 15 personel yang diterjunkan. Terdiri dari chef, juru masak, dan personel yang mengantarkan makanan. Ada sebanyak 768 orang pengungsi di 50 titik pengungsian sekitar Candipuro yang setiap harinya disuplai makanan oleh 2 dapur umun ini.(rex)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B