AKOMODIR MASYARAKAT, KAI DAOP 9 JEMBER SIAPKAN KA BLAMBANGAN EKSPRES KETAPANG – SEMARANG TAWANG PP LEWAT JALUR UTARA

AKOMODIR MASYARAKAT, KAI DAOP 9 JEMBER SIAPKAN KA BLAMBANGAN EKSPRES KETAPANG – SEMARANG TAWANG PP LEWAT JALUR UTARA

AKOMODIR MASYARAKAT, KAI DAOP 9 JEMBER SIAPKAN KA BLAMBANGAN EKSPRES KETAPANG – SEMARANG TAWANG PP LEWAT JALUR UTARA

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember segera meluncurkan KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang – Semarang Tawang pulang pergi (pp). Rencananya, perjalanan perdananya pada 2 Desember 2022 dari stasiun Ketapang, Banyuwangi pada pukul 19.30 WIB dan sampai di stasiun Semarang Tawang pada 3 Desember 2022 pukul 05.44 WIB. Sekali perjalanan KA Blambangan Ekspres, memakan waktu sekitar 10 jam. Menariknya, jalur yang dipakai yakni lintas utara yang melewati beberapa stasiun seperti Lamongan, Bojonegoro, dan Cepu.

Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal, kepada K Radio, mengatakan bahwa perjalanan tambahan tersebut diagendakan beroperasi hanya di akhir pekan dan sepanjang masa libur natal dan tahun baru (nataru). Yakni pada tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, 22 – 31 Desember 2022. Namun, tidak menutup kemungkinan di tahun depan akan ada penyesuaian kembali. KA Balmbangan Ekspres menyediakan 2 kelas, yakni ekonomi dengan tarif bawah Rp 160 ribu dan eksekutif mulai Rp 260 ribu.

Broer melanjutkan, di awal peluncuran perjalanan perdana pada 2 Desember nanti hingga beberapa hari selanjutnya, pihaknya memberikan promosi diskon 50 persen. Tiket KA Blambangan Ekspres tersebut sudah bisa dipesan mulai sekarang melalui KAI access dan beberapa tempat reservasi lain. Terkait peluncuran perjalanan tambahan tersebut, karena selama ini penumpang, khususnya di Daop 9 Jember, kesulitan pada saat akan melakukan perjalanan di lintas utara. Mereka harus transit di Surabaya dan melanjutkan perjalanan dengan jalur transportasi darat lainnya. Sementara kondisi jalanan Surabaya seringkali macet dan hal itu menambah waktu tempuh masyarakat.

Sehingga untuk memudahkan dan mengakomodir penumpang KA menurut Broer, disediakanlah perjalanan tambahan dengan jalur utara. Bagi penumpang yang juga ingin melanjutkan perjalanan ke Jakarta, juga lebih dimudahkan tanpa perlu pindah stasiun. Karena di stasiun Semarang Tawang tersedia KA KA Argo Sindoro relasi hingga stasiun Gambir, Jakarta dengan jam perjalanan yang tidak berselang lama dari waktu tiba KA Blambangan Ekspres. Ia pun berharap, masyarakat di Daop 9 Jember bisa terbantu dengan hadirnya tambahan perjalanan dari KA Blambangan Ekspres.(dna)

Copyright © 2024 K Radio Jember 102,9 FM Developed by Sevenlight.ID.

Adonis Music R&B